Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gibran Diisukan Maju Di Pilgub DKI, Anak Buah Prabowo Sebut Gerindra Akan...

Gibran Diisukan Maju Di Pilgub DKI, Anak Buah Prabowo Sebut Gerindra Akan... Kredit Foto: Instagram/Gibran Rakabuming Raka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, disebut-sebut akan maju di Pilkada DKI 2024. Putra Jokowi itu juga disebut masuk bursa survei kandidat calon Gubernur DKI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian DPP Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik adanya isu tersebut. Dasco menuturkan partainya kemungkinan akan mempertimbangkan untuk mengusung putera sulung Presiden Jokowi itu.

Baca Juga: Sosok Pengganti Tjahjo Kumolo Dibongkar, Ternyata yang Cocok Adalah...

"Kalau memang benar maju di Pilgub DKI atau masuk cagub DKI, Gerindra mungkin mempertimbangkan untuk mengusung (Gibran) demikian," ujar Dasco kepada Suara.com, Senin (4/7/2022).

Sebelumnya Pengamat politik, Zaki Mubarak menyoroti peluang Gibran jika maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Ia mempertanyakan kepatutan Gibran maju dalam Pilgub DKI.

"Sah-sah saja Gibran (jika) ingin maju di Pilgub DKI Jakarta, tapi apa patut?" tanya Zaki, Minggu (3/7/2022).

Bukan tanpa sebab, Zaki menilai Gibran seharusnya mengikuti langkah Jokowi yang tidak terburu-buru, dengan menjabat sebagai Wali Kota Solo selama dua periode.

Menurutnya, Gibran perlu membuktikan terlebih dahulu sebagai pemimpin dengan melakulan sejumlah terobosan di wilayah pemerintahannya. Pasalnya, ia menilai Solo belum menunjukkan perubahan sejak dipimpin Gibran.

"Lakukan berbagai terobosan, sehingga kebijakannya jadi best practices bagi daerah-daerah lain. Mungkin karena baru menjabat kurang dua tahun," kata Zaki.

Baca Juga: Tak Cuman Puan, Ternyata Megawati Utus Sosok Ini untuk Komunikasi dengan Parpol Lain

Akademisi Universitas Islam Negeri ini mengatakan, ia tidak yakin dengan peluang dan kampanye Gibran jika maju dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Meski demikian, lanjut Zaki, bukan tidak mungkin Gibran memenangkan Pilgub DKI Jakarta. Apalagi jika istana ikut memobilisasi partai-partai koalisi pemerintah. Namun itu justru hanya membuat Gibran terkesan sebagai 'gubernur karbitan'.

"Namun, jeleknya itu akan muncul sebutan dan kesan sebagai gubernur karbitan," katanya.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan