Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ukraina Ngaku Butuh Duit 750 Miliar Dolar buat Pulih, Siapa yang Bayar, Amerika?

Ukraina Ngaku Butuh Duit 750 Miliar Dolar buat Pulih, Siapa yang Bayar, Amerika? Kredit Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko
Warta Ekonomi, Kiev, Ukraina -

Perdana Menteri Denys Shmygal mengatakan pemulihan setelah invasi Rusia dilakukan dalam tiga tahap dan membutuhkan dana 750 miliar dolar AS.

Dalam Konferensi Pemulihan Ukraina yang diselenggarakan oleh Swiss, ia mengataan bahwa telah terjadi lebih dari 100 miliar dolar AS kerusakan langsung pada infrastruktur Ukraina dari invasi Rusia.

Baca Juga: Kunjungi Rusia dan Ukraina Saat Perang, Mana Bawa Istri Lagi, Keberanian Jokowi Luar Biasa!

Shmygal menambahkan, pemerintah Ukraina percaya sumber utama pendanaan untuk rencana pemulihan adalah aset yang disita dari oligarki Rusia.

"Hari ini, kerugian infrastruktur langsung Ukraina mencapai lebih dari 100 miliar dolar AS," katanya. 

"Siapa yang akan membayar rencana pembaruan, yang sudah bernilai 750 miliar dolar AS?" 

Dia mengatakan rencana pemulihan Ukraina memiliki tiga fase. Pertama, berfokus pada perbaikan hal-hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat seperti pasokan air yang sedang berlangsung, kemudian, komponen percepatan pemulihan akan diluncurkan segera setelah pertempuran berakhir.

Ini termasuk perumahan sementara, serta rumah sakit dan sekolah. Terakhir, fase yang bertujuan untuk memperbaiki negara untuk jangka panjang.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan