Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Program Peduli, PLN Sulap Kawasan Kumuh, Hasilnya...

Lewat Program Peduli, PLN Sulap Kawasan Kumuh, Hasilnya... Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Surabaya -

PLN UP3 Banyuwangi berkolaborasi dengan Pokdarwis Kampung Mandar mengembangkan potensi wisata berbasis pemberdayaan masyarakat dan UMKM di Kampung Mandar melaui Program PLN Peduli Fish Market Kampung Mandar.

Menurut Manager UP3 Banyuwangi, Yudho Rahadianto, dalam pengembangan wisata berbasis UMKM itu, pihaknya memberi bantuan untuk penunjang sarana dan prasarana Fish Market Kampung Mandar ini bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan yang mendorong masyarakat untuk mandiri dengan menjadi UMKM, bukan hanya dari sisi kuliner saja, melainkan juga dari sisi penunjang pariwisata lainnya, seperti cendera mata, suvenir, permainan anak yang menerapkan Electrifying Lifestyle.

Baca Juga: PLN Berhasil Pulihkan 100 Persen Gangguan Listrik Sumatera-Babel

"Kami masih mengingat betul pertama kali kami (PLN) hadir memberikan bantuan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk penerangan di sini pada tahun 2021, kemudian selanjutnya bantuan sarana dan prasarana melalui PLN Peduli. Melalui bantuan ini, kami berharap Kampung Mandar menjadi sentra wisata dan kuliner ikan segar di Banyuwangi. Tak hanya itu, kami siap mendampingi Pokdarwis untuk terus tumbuh memberdayakan masyarakat setempat," terang Yudho pada Warta Ekonomi di Surabaya, Selasa (5/7/2022).

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kampung Mandar, Dieo Mafirungkas, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah PLN dalam pengembangan wisata yang berada di kawasan Kampung Mandar, Banyuwangi. Sebelumnya, daerah tersebut merupakan tempat kumuh dan tidak terawat. Melalui bantuan pemerintah dan PLN, Pokdarwis Kampung Mandar menginisiasi lokasi ini menjadi sentra wisata dan kuliner.

"Jangankan potensi wisata, dilirik pun saja tidak. Awalnya pemerintah yang menginisiasi kemudian PLN memberikan uluran tangan dan mendampingi perjalanan kami hingga saat ini. Alhamdulillah saat ini pengunjung terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," kata Dieo Mafirungkas.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan