Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres Harapkan Core Value BUMN Berdampak pada Kesejahteraan Masyarakat

Wapres Harapkan Core Value BUMN Berdampak pada Kesejahteraan Masyarakat Kredit Foto: Wapresri.go.id
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan, penerapan AKHLAK dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menetapkan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai core value (nilai inti) di Lingkungan BUMN.

Menurutnya, hasil penerapan AKHLAK oleh seluruh unsur BUMN pun harus dapat dilihat, dinilai, dan dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat.

Baca Juga: Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35%

"Pada akhirnya, yang terpenting bagi publik adalah derajat kemashlahatan bagi kesejahteraan masyarakat dan bangsa," tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/7/2022).

Wapres berharap core value AKHLAK BUMN tidak hanya diterapkan di internal BUMN dan sekadar mendukung pembangunan ekonomi nasional, tetapi juga dapat diterapkan juga untuk menumbuhkan ekosistem moral bangsa.

"Akan tetapi, juga bisa menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa Indonesia yang lebih melembaga dan diakui dunia," tegasnya.

Tidak lepas dari tantangan yang dihadapi, dalam mewujudkannya perlu ada niat baik serta keikhlasan dalam menjalankan transformasi budaya yang dilakukan secara rutin dan terus-menerus.

"Membangun transformasi budaya harus diniatkan ikhlas dari hati, kemudian dijalankan secara intens dan berkelanjutan. Nawaithu yang lurus dan kuat menjadi prasyarat mutlak agar nilai dasar AKHLAK ini menyatu antara pikiran, nurani, dan perilaku," jelasnya.

Wapres juga mengingatkan, permasalahan yang menerpa beberapa BUMN diharapkan dapat menajdi evaluasi dalam penerapan AHKLAK. "Namun, sangat disayangkan bahwa beberapa BUMN mengalami masalah, hal ini menjadi ujian sekaligus momentum refleksi bagi kita semua. Ketika BUMN bermasalah, pasti penerapan core value AKHLAK-nya masih perlu diperbaiki," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyampaikan, penerapan core value AKHLAK terus menunjukan hasil yang baik di BUMN. Hal ini terlihat dari capaian peningkatan pendapatan BUMN yang semula hanya Rp13 triliun sekarang menjadi Rp126 triliun. Oleh karena itu, Erick mengimbau untuk terus konsisten menerapkan core value AKHLAK, hingga ke lingkup yang lebih luas lagi.

"Saya menekankan kepada seluruh BUMN agar terus konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya, dan nilai-nilai AKHLAK ini bisa juga diterapkan dalam lingkup yang lebih luas, yaitu tentu di keluarga kita dan bermasyarakat. Penerapan nilai AKHLAK ini saya yakini akan dapat senantiasa menjaga dan mempererat persatuan kita sebagai bangsa yang pada saaat ini tentu menghadapi tekanan-tekanan berat secara global," tegasnya.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan