Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mengintip Kunci Sukses Billy Martasandy dalam Memulai Bisnis

Mengintip Kunci Sukses Billy Martasandy dalam Memulai Bisnis Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat dan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan pesat mengharuskan semua pelaku bisnis dan para pengusaha untuk lebih cepat dan cermat dalam mengambil keputusan dalam bisnisnya.

Disini sangat diperlukan kemampuan seorang pebisnis untuk melakukan adaptasi dengan perkembangan dunia marketing dan juga harus kreatif serta mempunyai ide yang out of the book jika ingin sukses dalam bisnis.

Billy Martasandy, CEO dari Martasandy Group mengungkapkan, untuk bisa beradaptasi dengan perubahan, seorang pelaku bisnis atau pengusaha harus memiliki tujuan dan motivasi yang kuat serta cepat tanggap dalam mencari peluang dan cara baru untuk berinovasi sebagai individu ataupun sebagai tim. Seorang pelaku bisnis harus trampil dan kuat dalam hal leadership serta mempunyai visi yang jauh kedepan dan mampu mengambil keputusan yang tepat. 

Hal tersebut yang membuat seorang Billy Martasandy selaku CEO Martasandy Group, yang menaungi perusahaan yang bergerak di bidang psikologi, bimbingan terpadu, tours & travel, dan juga bidang properti. Billy yang juga menjabat sebagai Ketua Kompartemen Pengusaha Muda Indonesia ini juga mempunyai web personal billymartasandy.my.id ini telah sukses dan berhasil mendapatkan penghargaan dari lembaga Pusat Prestasi Indonesia sebagai The Best Leadership & Professional di Indonesia Leadership & Professional Award (ILPA) 2020. 

Sebelumnya di tahun 2019, Billy juga mendapat sertifikasi Leadership and Team Development dari International Business Management Institute di Berlin, Jerman. Baginya kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan suatu keadaan yang ada dengan sendirinya. 

“Kehidupan itu sendiri adalah arah, bukan tujuan,” ujar Billy mengutip pernyataan  Carl Rogers - (psikolog klinis). 

Putra tunggal dari pasangan orang tua Tjutju Edwardy dan Eeng Johanawati ini menyatakan bahwa prestasi yang telah diraih tidak serta-merta dicapai begitu saja secara instan. Diawali dari sejak usia sekolah Billy sudah mengasah keterampilan kepemimpinannya, salah satu buktinya adalah Billy semasa SMP pernah menjadi Ketua OSIS SMP PGII 2 Kota Bandung.

Sedangkan ketika SMA, dia pernah menjadi Ketua Umum Mentor Bintalis BPI dan ketua ranting kegiatan cabang olahraga bela diri silat Perisai Diri. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Kompartemen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bandung. 

Billy yang mempunyai akun instagram @billymartasandy ini dan aktif sebagai anggota Anggota PRAHIPTI atau Perkumpulan Praktisi Hipnotis dan Hipnoterapi Indonesia ini, mengungkapkan bahwa pengalaman menjadi pemimpin di beberapa organisasi ketika usia sekolah telah membentuk dirinya untuk berlatih melakukan koordinasi di antara anggota agar tim bekerja secara efektif dan membangkitkan motivasi setiap orang demi mencapai tujuan organisasi. 

"Ini karena para anggota yang termotivasi mau berusaha keras untuk mencapai potensi penuh mereka," ujar Billy yang disela kesibukannya masih aktif sebagai anggota IHC  atau Indonesia Hypnosis Centre dan Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia ini. 

Pada dasarnya, leadership skill atau keterampilan kepemimpinan itu tidak hanya diperlukan untuk seorang pengusaha atau pemilik bisnis, tetapi juga profesi lain di setiap organisasi.

Ada banyak aspek yang membuat seseorang menjadi pemimpin hebat, seperti kemampuan beradaptasi dengan cepat dan baik terhadap lingkungan, pemecahan masalah, komunikasi yang baik, pemikiran strategis dan taktis, serta membangkitkan motivasi dan memperlakukan timnya dengan baik.

Baca Juga: Melalui SKC, Prudential Syariah Dorong Percepatan Ekonomi Syariah di Indonesia

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: