Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Produk Daur Ulang, UMKM di Klaten Bawa Kultur Batik Mendunia

Lewat Produk Daur Ulang, UMKM di Klaten Bawa Kultur Batik Mendunia Kredit Foto: Kemenkeu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah mendorong UKM Indonesia memperkuat ciri khas dan karakter agar menjadi keunikan yang kompetitif. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI, Suahasil Nazara, menegaskan dukungan Pemerintah terhadap UKM Indonesia saat berkunjung ke Workshop Wastraloka di Klaten, Jawa Tengah, Jumat (8/7/2022).

Dia menjelaskan, peran negara adalah membantu dan melakukan fasilitasi. Bentuk fasilitasinya adalah support membantu tata kelola untuk ekspor, juga membantu dalam hal pendanaan.

Baca Juga: Momen Sandiaga Uno Yakinkan Orang Tua Pelaku UMKM Untuk Beri Dukungan

"UMKM kita harapkan bisa terus naik kelas dari UMKM yang bekerja secara rumahan bekerja secara keluarga nanti digali terus idenya dan jika mendapatkan produk yang laku di mancanegara, negara juga siap membantu memfasilitasi hal tersebut," ujar Wamenkeu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/7/2022).

Dalam workshop, Wamenkeu bersama dengan Direktur Eksekutif LPEI berdialog dengan Eni Anjayani, penggagas sekaligus pemilik PT Wastraloka Indo Kreasi (Wastraloka). Mereka membahas upaya yang dilakukan untuk menciptakan karya kreatif ramah lingkungan hingga menembus mancanegara. Wastraloka yang merupakan UKM dengan produk kerajinan daur ulang premium yang dilukis motif batik adalah salah satu penerima berbagai fasilitas dari LPEI untuk peningkatan ekspor.

Pertemuan LPEI dengan Wastraloka terjadi pada tahun 2018 dalam program pelatihan dan pendampingan berkelanjutan Coaching Program for New Exporters (CPNE). Ketika itu, Wastraloka merupakan salah satu UKM kerajinan asal Yogyakarta yang memiliki keunikan dan nilai jual ekspor yang menarik. Pelatihan ekspor yang diberikan mampu mempertajam keunggulan kompetitif yang dimiliki Wastraloka.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI dalam peningkatan ekspor nasional memiliki mandat untuk berupaya menciptakan eksportir baru. Melalui program CPNE, Wastraloka dapat melakukan ekspor ke sejumlah negara di dunia dengan berbagai produk daur ulang.

Baca Juga: Gerindra Amankan 10 Kursi DPRD Bali, Cuma Bangli yang Gagal Kirim Wakil

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: