Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pastikan Jumlah Pemilih, Kemendagri Lakukan Asistensi Data Pemilu 2024 kepada DPRD Kota Tomohon

Pastikan Jumlah Pemilih, Kemendagri Lakukan Asistensi Data Pemilu 2024 kepada DPRD Kota Tomohon Kredit Foto: Dukcapil
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan asistensi penguatan dan konfirmasi data Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lingkup wilayah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

Asistensi tersebut dalam kerangka Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kota Tomohon bidang Pemerintahan, Hukum, dan HAM untuk konsultasi Data Agregat Kependudukan terkait Pemilu 2024 di Ditjen Dukcapil Kemendagri, Jl. Raya Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Ditjen Dukcapil Dorong Pelayanan di 15 Kabupaten 3T

Anggota DPRD Komisi I Kota Tomohon James Kojongian menjelaskan pertemuan ini untuk memastikan jumlah penduduk Kota Tomohon dan penduduk yang dapat memilih pada Pemilu 2024.

"Kami ingin memastikan sesuai dengan informasi yang kami terima dari Dinas Dukcapil bahwa jumlah penduduk Kota Tomohon 100.890 jiwa," ungkap James dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/7/2022).

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Ditjen Dukcapil Indersan menjelaskan sesuai record di database Dukcapil, jumlah penduduk pada Kota Tomohon saat ini sebanyak 101.020 jiwa.

Baca Juga: Bantah Pembuatan KTP-el WNA untuk Kepentingan Pemilu, Ini Penjelasan Dukcapil Kemendagri

"Kami terus berupaya mengontrol Disdukcapil kabupaten/kota agar mencapai target cakupan perekaman sebelum Pemilu 2024," tutur Indersan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh turut menjelaskan hasil capaian terkini dalam pendataan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) secara nasional untuk Pemilu 2024.

"Kalau menggunakan data per hari ini, daftar pemilih untuk Pilpres di bulan Februari 2024 sekitar 206 juta jiwa dan untuk Pilkada bulan November 2024 sekitar 210 juta jiwa. Tentunya data dapat berubah, karena penduduk Indonesia yang bersifat dinamis," ucapnya.

Baca Juga: Tren Harga Beras Naik, Politisi Demokrat: Ketinggian Bapak Ngomong Kendaraan Listrik dan Startup Kalau Urus Beras Aja Pontang-panting

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: