Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manuver Kapal Perusak Amerika di 'Pulau Sensitif' Bikin China Bawel, Reaksinya Keras!

Manuver Kapal Perusak Amerika di 'Pulau Sensitif' Bikin China Bawel, Reaksinya Keras! Kredit Foto: Reuters/Alexey Pavlishak
Warta Ekonomi, Beijing -

Sebuah kapal perusak Amerika Serikat berlayar di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan di Laut China Selatan pada Rabu (13/7/2022).

Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak USS Benfold "menegaskan hak navigasi dan kebebasan di Laut China Selatan dekat Kepulauan Paracel, konsisten dengan hukum internasional".

Baca Juga: Ancaman China di Laut China Selatan Terus Mengintai, India dan Vietnam Kompak Lakukan...

AS secara teratur melakukan apa yang disebutnya Operasi Kebebasan Navigasi di Laut China Selatan yang menantang apa yang dikatakannya sebagai pembatasan lintas damai yang diberlakukan oleh China dan pengklaim lainnya.

China mengatakan tidak menghalangi kebebasan navigasi atau penerbangan, menuduh Amerika Serikat sengaja memprovokasi ketegangan.

Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan tindakan kapal AS itu sangat melanggar kedaulatan dan keamanan China dengan secara ilegal memasuki perairan teritorial China di sekitar Paracel, yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan.

"Komando Teater Selatan PLA mengorganisir angkatan laut dan udara untuk mengikuti, memantau, memperingatkan dan mengusir" kapal itu, tambahnya, menunjukkan gambar Benfold yang diambil dari dek kapal fregat China Xianning.

"Fakta sekali lagi menunjukkan bahwa Amerika Serikat tidak lain adalah 'pembuat risiko keamanan di Laut China Selatan' dan 'perusak perdamaian dan stabilitas regional,'" imbuhnya.

Baca Juga: Gerindra Angkat Suara Terkait Kejelasan Prabowo Subianto di Pilpres 2024: Kita Sudah di Luar KIB dan PDIP

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: