Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bakal Lebarkan Sayap Bisnis PLTS ke Sulawesi, Sun Energy Incar Perusahan Nikel

Bakal Lebarkan Sayap Bisnis PLTS ke Sulawesi, Sun Energy Incar Perusahan Nikel Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berkomitmen untuk terus mengembangkan pembangunan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ke seluruh Indonesia, Sun Energy berencana ekspansi bisnis ke Sulawesi.

Chief Commercial Officer (CCO) SUN Energy Dion Jefferson mengatakan sebagai pintu masuk, perusahaan akan membangun fasilitas PLTS di Manado.

"Di Manado. Itu 400 KW," ujar Dion dalam peluncuran perdana Sun Energy Tech Space, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: SUN Energy Luncurkan Ruang Monitoring Kinerja Sistem Energi Surya Terintegrasi Berbasis IoT

Dion mengatakan, secara jangka panjang, perusahaan mengincar mitra dari industri di Sulawesi, terutama dari industri pertambangan nikel.

"Kami mengincar nikelnya. Potensinya besar sekali. Kami bisa menargetkan 100-150 MW. Dalam waktu dua tiga tahun ke depan," ujarnya.

Meski begitu, Dion menjelaskan pada tahap awal, Sun Energy akan mulai dengan menggarap proyek-proyek kecil.

"Tapi kami mulai yang kecil-kecil dulu. Misalnya ke universitas dulu atau mess karyawan. Baru ke (bangun) pabriknya," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Sun Energy telah membangun 72 instalasi PLTS di seluruh Indonesia. Dengan rincian, tujuh instalasi di wilayah Sumatera dan 11 instalasi di Kalimantan.

Sementara mayoritas sebanyak 54 instalasi masih berada di wilayah Jawa. Adapun jumlah kapasitas listrik panel surya terpasang dan terkontrak sudah lebih dari 280 MWp.

Pada saat yang sama, Chief Executive Officer SUN Terra & SUN Mobility Fanda Soesilo menyatakan rencana perusahaan untuk memperkuat dan meluaskan layanan di Indonesia.

Salah satunya lewat penambahan fasilitas pengisian daya mobil listrik atau yang disebut OtoPods. Menurutnya, Sun Mobility sudah mengincar sejumlah titik di Jakarta maupun Tangerang Selatan sebagai lokasi yang bakal dilengkapi fasilitas pengisian daya mobil listrik. Salah satunya di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Tokoh NU Bingung ke Presiden Jokowi: Untuk Apa Masih Ikutan Acara Relawan Begini...

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: