Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kuasai Digital Skills untuk Bersaing di Era Teknologi

Kuasai Digital Skills untuk Bersaing di Era Teknologi Kredit Foto: Unsplash/Corinne Kutz
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berbagai hal berubah sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, mulai dari kebiasaan hingga cara bekerja dan belajar. Hal tersebut ikut mempercepat transformasi digital dan membawa perubahan signifikan pada banyak bidang pekerjaan.

Relawan Mafindo, Puji F Susanti, mengatakan bahwa digital skills menjadi hal wajib untuk dipelajari dan dikuasai. Muncul jenis pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian lebih dalam pemanfaatan Teknologi Informasi Komputer (TIK), seperti search engine, social media specialist, bahkan influencer dan YouTuber.

Baca Juga: Ini Kiat Bisnis Mudah Dikenal ala Digital Marketer

"YouTuber di Indonesia makin berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mencoba profesi ini," kata Puji saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (12/7/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Bukan hanya YouTuber, bidang pemasaran digital juga makin dibutuhkan. Profesi seperti Strategic Digital Marketing yang berhubungan dengan mesin pencarian pun cukup populer. Berbagai platform digital sebagai penunjang juga bermunculan, contohnya Canva. Belum lagi media sosial Instagram. TikTok menjadi media kini juga berperan sebagai sarana kreativitas dan pemasaran produk.

"Kemampuan mengakses internet harus dibarengi keinginan untuk mempelajari lebih dalam tentang berbagai keahlian-keahlian penting lainnya," tutur Puji.

Baca Juga: OJK Bakal Evaluasi Semua Produk Saving Plan di Industri Asuransi

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: