Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Era Digital, Cari Cuan Bisa dari Internet, Simak Tips Kembangkan Bisnis Lewat Konten Medsos Ini!

Era Digital, Cari Cuan Bisa dari Internet, Simak Tips Kembangkan Bisnis Lewat Konten Medsos Ini! Kredit Foto: Unsplash/Collabstr
Warta Ekonomi, Jakarta -

Era digitalisasi telah mengubah cara sebuah bisnis untuk mempromosikan produknya. Kini dengan biaya minimal, lini usaha apapun dapat diiklankan gratis melalui media sosial. 

"Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk akun bisnis," kata Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Jokowi Cuma Bisa Senyum, Gak Bisa Berkutik Digas Emak-emak, Netizen: Kalau Zaman Soeharto, Sudah...

Namun tentu harus ada strategi tertentu supaya konten yang dibuat bisa berhasil mengenai target. Liam mengungkapkan beberapa triknya, antara lain yang pertama daftarkan bisnis dengan memanfaatkan Google My Business agar bisnis tersebut mudah ditemukan di mesin pencarian Google. 

Kemudian di media sosial, buat akun bisnis misalnya di Instagram. Tapi perlu diperhatikan agar akun bisnis mudah dikenal dan ditemukan yakni pergunakan keyword kata umum di keterangan bio. Misal usaha menjual perkakas, maka gunakan kata umum yang biasa dicari orang dari jenis usaha. Selanjutnya keterangan bio di Instagram harus singkat, padat dan jelas. Agar orang bisa kenal siapa Anda dan menawarkan apa?

Dalam pemanfaatan media sosial, mudahkan pencarian dengan memberikan informasi kontak di bagian profil. Agar orang hanya perlu sekali klik gunakan fasilitas yang langsung menghubungkan kontak yang dituju. Selain itu manfaatkan juga fitur highlight di Instagram, sehingga tiap produk atau jasa dapat diketahui calon konsumen. Salah satunya tentang bagaimana proses pengerjaan produk hingga testimonial pembeli. 

"Saya menyarankan untuk membuat konten yang informatif dan edukatif pastinya bisa kita pertanggungjawabkan," kata Liam. 

Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. 

Baca Juga: Era Digital, Medsos Bisa Jadi Pintu Buat Pengembangan Karier

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Enterpreneur dan Digital Marketer, Lim Sau Liang, Sekretaris RTIK Kabupaten Blitar, Nuriyan Dwi Saputri, serta Relawan Mafindo Surabaya, Diana Dewi Damayanti. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: