Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bocoran Menteri Haji Arab Saudi, 2023 Kuota Haji Indonesia Bakal Naik

Bocoran Menteri Haji Arab Saudi, 2023 Kuota Haji Indonesia Bakal Naik Kredit Foto: Antara/Umarul Faruq
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi berjanji akan menambah kuota Jamaah asal Indonesia pada musim haji tahun depan. Janji tersebut disampaikan Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Sudi kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada pertemuan beberapa hari lalu.

“Mudah-mudahan kuota tahun depan naik. Berdasarkan informasi yang saya terima dari Menteri Haji, lebih banyak dari tahun ini,”Kata Yaqut usai memimpin Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H di Jeddah, kemarin.

Menurut Yaqut belum ada angka pasti kuota jamaah haji yang akan didapatkan pemerintah Indonesia pada 2023. Namun Indonesia dan Saudi sepakat untuk membentuk tim bersama agar pelaksanaan haji tahun depan bisa lebih baik.

Tak hanya itu, kata Yaqut Arab Saudi juga menjanjikan kuota khusus untuk jamaah lanjut usia (lansia). Namun Yaqut belum bisa menjelaskan lebih detail mengenai kuota tersebut.

“Berdasarkan informasi, akan ada kuota khusus untuk usia lanjut. Definisinya seperti apa kita tunggu penjelasan Saudi," Ujarnya.

Baca Juga: Evaluasi Haji, Indonesia-Arab Saudi Bentuk Satuan Tugas untuk 2023

Sebagaiman diketahui,Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 jamaah pada tahun ini. Jumlah itu lebih sedikit daripada kuota musim haji 2019 yang mencapai 230 ribu jamaah termasuk 10 ribu kuota tambahan. Sementara itu, pada 2020 dan 2021, Saudi tidak menerima jamaah dari luar negeri karena pandemi.

Baca Juga: Ngeri! Anak Buah Sambo yang Pimpin Penyidikan Tunjukkan Kode Ini Saat Rekonstruksi: Itu Sandi, Artinya…

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: