Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

3 Partai Ini Berpeluang Besar Usung Anies-AHY, Pengamat: Ada Kejutan Kawinnya Oposisi dengan Koalisi Pemerintah

3 Partai Ini Berpeluang Besar Usung Anies-AHY, Pengamat: Ada Kejutan Kawinnya Oposisi dengan Koalisi Pemerintah Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sejumlah tokoh politik saling dipasangkan oleh publik untuk menilai siapa yang cocok melanjutkan estafet kepemimpinan Indonesia setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu tokoh yang paling santer diisukan bakal maju menjadi capres adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berdasarkan survei di beberapa lembaga, Anies tercatat memiliki elektabilitas yang cukup tinggi sehingga menarik sejumlah partai politik untuk mengusungnya, seperti NasDem, Demokrat, dan PKS. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Politik Jerry Massie.

Jerry menilai ketiga partai tersebut berpotensi besar untuk mengunci koalisi pada Pilpres 2024 untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Kepuasan Atas Kinerja Pemerintah Menurun, Anies-AHY Diprediksi Menang

Meski demikian, menurut Jerry, ketiga partai tersebut juga akan mendapatkan hambatan di tengah jalan.

"Sebenarnya Partai Demokrat bisa mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jika Partai NasDem berani mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," ujar Jerry kepada GenPI.co, Senin (18/7/2022).

Menurut Jerry pasangan Anies-AHY sangat cocok ikut dalam Pilpres 2024. Meskipun presentase mengusung AHY-Anies cukup besar, tetapi Jerry menduga ketiga partai tersebut masih mencari pasangan yang lebih serasi untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Jadi, bisa saja ada kejutan-kejutan dengan kawinnya oposisi dan koalisi pemerintah," ucapnya.

Baca Juga: Kemungkinan Kalah di Jateng, NasDem: Kalau Anies-AHY, di Jatim Ini Selesai

Jerry mengatakan bersatunya sayap kanan dan sayap kiri cukup bagus. Dirinya juga menilai semua partai mulai membuka diri untuk berkoalisi.

"Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS mungkin akan terganjal. Akan tetapi, hal tersebut dari sisi anggaran untuk pemilu saja," kata dia.

Oleh sebab itu, Jerry menilai masih ada harapan bagi ketiga partai tersebut untuk berkoalisi. "Mereka hanya tinggal tunggu momen yang pas," jelas Jerry.

Selain itu, Jerry juga mengungkapkan Partai Demokrat punya potensi berafiliasi dengan Partai Gerindra dan PKB, serta PDIP. "Saya lihat PDIP mulai cair membuka pintu politik bagi Partai Demokrat," pungkas Jerry.

Baca Juga: KPK Tak Takut Dinilai Politis Bila Tersangkakan Anies Baswedan, Kalau Bersih Tak Perlu Risih: Berdasarkan Alat Bukti...

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: