Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hampir 20.000 Unit, Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Terus Ditingkatkan

Hampir 20.000 Unit, Populasi Kendaraan Listrik di Indonesia Terus Ditingkatkan Kredit Foto: Antara/Agha Yuninda
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sekitar 16.473 kendaraan roda dua atau motor listrik telah beredar di jalan-jalan di Indonesia, kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menurut data PLN. Hal ini menandakan kendaraan listrik semakin diminati masyarakat. 

"Populasi kendaraan listrik sampai hari ini untuk roda dua sudah 16 ribu kendaraan," kata Doddy, pada Webinar Ruang Energi dengan tema "Peran dan Dukungan PLN dalam Membangun Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik", Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Percepat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Hadirkan Dua SPKLU di Kantor BNI

Unit kendaraan listrik yang mengaspal didominasi motor listrik. Sementara rincian lainnya adalah 2.106 unit mobil listrik, 249 unit kendaraan roda tiga, 57 unit bus listrik, dan terakhir 9 unit untuk mobil barang.

Target pemerintah masih belum tercapai karena totalnya sekitar 18.894 unit. Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada tahun 2030 ditargetkan jumlah populasi kendaraan listrik mencapai 3 juta unit.

Meski demikian, Saat ini kurang lebih 200 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah ada di Indonesia dengan 30 tempat pengisian daya untuk kendaraan elektrik di Jakarta. Tahun ini PLN UID Jakarta akan kembali membangun 7 SPKLU lagi di 5 titik.

"Tahun ini akan dibangun lagi 7 SPKLU, termasuk dengan skema partnership di 5 titik," kata dia.

Baca Juga: Bank Mandiri Proyeksi Ekonomi Tumbuh Lebih Tinggi di Kuartal III 2022

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: