Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jababeka Akan Bangun Ekosistem Silicon Valley untuk Startup, Gandeng BRIN, BISA AI, hingga Indogen

Jababeka Akan Bangun Ekosistem Silicon Valley untuk Startup, Gandeng BRIN, BISA AI, hingga Indogen Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jababeka Tbk akan meluncurkan proyek Jababeka Silicon Valley yang merupakan kawasan pengembangan pusat inovasi dan bisnis berbasis teknologi. 

Proyek ini turut menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), PT Bisa Artifisial Indonesia (BISA AI), dan Indogen Capital sebagai upaya melengkapi ekosistem Jababeka Silicon Valley.

“Bagi kami, itu [Jababeka Silicon Valley] adalah suatu komunitas di mana ada pemerintah, industri, akademisi, hingga startup berkolaborasi menciptakan suatu kawasan yang inovatif dalam rangka menciptakan teknologi-teknologi baru,” ujar Tjahjadi Rahardja, Direktur Utama Jababeka Infrastruktur, dalam acara penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) di Menara Batavia, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Jababeka dan Pusdiklat SDM Industri Kemenperin Kolaborasi untuk Akselerasi Industri 4.0

Proyek ini akan dibangun di atas lahan seluas 60 hektare di kawasan Correctio, Cikarang. Peletakan batu pertama (ground breaking) proyek akan dilakukan pada Jumat (29/7/2022) besok.

Tjahjadi menambahkan, yang menjadi keunikan Jababeka Silion Valley dibanding proyek Silicon Valley lainnya adalah fokus Jababeka yang ingin menyasar inovasi untuk industri.

“Silicon Valley lain dibangun di wilayah dekat perumahan sehingga startup yang memberikan solusi itu masyarakat perumahan. Kalau Jababeka cukup unik karena dikelilingi kawasan industri. Jadi, yang kami tawarkan itu solusi industri,” jelasnya.

Dalam hal ini, Indogen Capital akan menjadi penasehat Jababeka dalam memilih startup yang akan diberikan dana investasi. Kemudian, startup yang berada di bawah payung Jababeka Silicon Valley nantinya dapat mengikuti program Hackathon 2022 yang diinisiasi oleh Jababeka. Melalui program ini, para startup dapat mengikuti rangkaian proses mentoring, kompetisi, demo day, hingga program inkubasi. Startup juga dapat menggunakan fasilitas FABLAB Jababeka dan memperoleh pembinaan dari BISA AI.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN R Hendrian mengapresiasi langkah Jababeka dalam upaya mendorong kemajuan pengembangan teknologi dalam negeri.

“Yang bisa membuat inovasi termanfaatkan adalah industri. Jadi, kalau Silicon Valley ini terwujud adalah suatu kebanggaan bagi kami,” ungkap Hendrian.

Baca Juga: Pendapatan Asuransi Jiwa Capai Rp 164,55 Triliun, Turun 4% di Kuartal III 2022

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: