Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ingin Permintaan Segera Diamini, Timor Leste Dapat Dukungan Eks Dubes Indonesia untuk Amerika karena...

Ingin Permintaan Segera Diamini, Timor Leste Dapat Dukungan Eks Dubes Indonesia untuk Amerika karena... Kredit Foto: EPA-EFE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keinginan Timor Leste masuk dalam Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara harus mendapat dukungan dari anggota ASEAN itu sendiri, kata mentan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal.

"Saya dan pak Hassan Wirajuda sedang berusaha mendorong ini sejak tiga tahun agar Timor Leste dapat bergabung ke dalam ASEAN. Namun, Timor Leste harus dapat dukungan dari negara anggota ASEAN lainnya selain dari Indonesia," kata Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) saat membuka diskusi dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Curhatan Presiden Timor Leste Ingin Gabung ASEAN, Ini Respons Kemenlu RI

Dino mengaku, dirinya sejak lama sudah berupaya mendorong agar Timor Leste bergabung dengan komunitas di kawasan.

Presiden Timor Leste Ramos Horta sangat mengapresiasi dukungan Indonesia terhadap negaranya yang sudah lama menginginkan bergabung menjadi keluarga ASEAN. Hingga kini negara yang memisahkan diri dengan Indonesia itu belum diizinkan masuk untuk bergabung dengan ASEAN.

Namun Ramos Horta menargetkan Timor Leste bisa bergabung pada 2023 dengan ASEAN. Ia pun mencari jalan diplomasi ini ketika Indonesia menjadi ketua ASEAN tahun depan.

"Timor Leste sudah memenuhi semua syarat untuk menjadi anggota ASEAN. Kami sudah siap menjadi anggota ASEAN dengan segala pencapaian yang dimiliki oleh Timor Leste," ujar Ramos Horta saat memberikan Policy Speech yang digelar oleh FPCI di Jakarta, Kamis.

Presiden Ramos Horta menyebutkan bahwa negaranya telah mengalami kemajuan di bidang pembangunan dan sumber daya manusia. Namun tetap masih sulit untuk Timor Leste bergabung menjadi keluarga ASEAN.

"Tentu, Indonesia seperti negara lain sangat mendukung kami untuk bergabung dengan ASEAN. Kami tidak jauh dari Asia Tenggara dan tidak tergabung dengan organisasi kawasan manapun," tuturnya.

Baca Juga: 2 TPS di Buleleng Coblos Ulang untuk Pilpres, Prabowo-Gibran Perkasa!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: