Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Kinerja Ekspor Produk Kayu Ringan, Mendag Zulkifli Hasan Dukung Terobosan ILWA

Tingkatkan Kinerja Ekspor Produk Kayu Ringan, Mendag Zulkifli Hasan Dukung Terobosan ILWA Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendukung terobosan yang dilakukan Indonesian Light Wood Association (ILWA) untuk meningkatkan kinerja ekspor produk kayu ringan melalui kolaborasi dengan salah satu perusahaan pengolahan kayu ringan di Austria. 

ILWA akan bekerja sama untuk meningkatkan nilai tambah produk kayu ringan melalui perluasan kapasitas, adaptasi/inovasi produk, pemanfaatan teknologi, serta pembukaan lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Tegaskan, Sawit Berperan dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia!

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan dukungannya pada pertemuan dengan Ketua Umum ILWA Setyo Wisnu Broto di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Kamis, 21 Juli 2022 kemarin.

“Potensi ekspor produk kayu ringan Indonesia masih sangat terbuka lebar karena tingginya kebutuhan dunia terhadap komoditas tersebut. Hal ini terlihat dari meningkatnya ekspor produk kayu ringan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Diharapkan ILWA dapat memanfaatkan momentum ini dengan inovasi, edukasi, dan adaptasi teknologi untuk peningkatan kualitas dan nilai tambah produk kayu ringan sehingga kayu ringan Indonesia dapat memenuhi ragam kebutuhan konstruksi bangunan, interior mobil, dan kebutuhan dekorasi lainnya,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan, mengutip sebagaimana dalam rilisnya, Jumat (22/7/2022).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika (BPS), pada 2021 ekspor kayu ringan Indonesia (plywood dan flooring) tercatat sebesar USD3,2 miliar atau berkontribusi sebesar 45 persen dari total ekspor produk kayu Indonesia. Ekspor kayu Indonesia di tahun 2021 mencapai USD7,94 miliar atau meningkat 31persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara itu, pangsa pasar kayu dunia tercatat sebesar US$2,1 triliun.

Baca Juga: Keok Dua Kali, Prabowo Sudah Sadar Soal Kemampuan Habib Rizieq, Beda Sama Anies Baswedan...

“Peningkatan ekspor kayu Indonesia cukup signifikan dan merupakan potensi besar yang harus digarap dengan lebih maksimal,” imbuh Mendag Zulhas.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: