Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bareng BSI, LPEI Tingkatkan Sinergi Ekspor Nasional

Bareng BSI, LPEI Tingkatkan Sinergi Ekspor Nasional Kredit Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, meningkatkan sinergi ekspor nasional yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Pada tahap awal, BSI telah bekerja sama dalam hal pemberian pembiayaan kepada LPEI senilai Rp3 Triliun untuk pengembangan bisnis LPEI.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, siap mendukung akselerasi bisnis LPEI baik dari sisi infrastruktur, layanan dan digital untuk mendorong peningkatan ekspor nasional. Menurut Hery, peningkatan ekspor perlu terus diupayakan secara konsisten oleh seluruh stakeholders. Sebab dengan surplusnya neraca perdagangan seperti yang diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni lalu,  hal ini akan turut memutar roda perekonomian dan mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Tingkatkan Efisiensi Keuangan Haji, BPKH Gandeng BSI

“Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat mendukung peran LPEI dalam memperkuat transaksi ekspor nasional. Hal ini tentunya sejalan dengan semangat kami untuk terus berkontribusi dalam membangkitkan perekonomian nasional, termasuk ekspor Indonesia,” ujar Hery, mengutip sebagaimana dalam rilis Kementerian Keuangan, Jumat (22/7/2022)

Hery juga berharap Bank Syariah Indonesia bisa menjadi mitra yang kuat dari LPEI, yaitu untuk pengembangan ekspor melalui pembiayaan berbasis syariah dan pendanaan maupun transaksi digital. Hal itu diperkuat dengan cacatan kinerja pembiayaan BSI yang kian tumbuh positif dengan kualitas pembiayaan yang semakin membaik dan terjaga.

“Maka dengan adanya kerja sama ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis dari seluruh aspek. Baik di BSI maupun LPEI terutama peningkatan kualitas ekspor Indonesia,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso mengungkapkan optimisme senada.

Baca Juga: Komoditi Syariah, Instrumen Pendobrak Pangsa Pasar Perbankan Syariah

"Kami meyakini sinergi dan kolaborasi yang dibangun pada akhirnya akan mendorong terciptanya pelaku usaha yang berdaya saing serta berkontribusi kepada ekspor nasional secara berkelanjutan. Besar harapan kami, kerja sama ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan.” pungkasnya.

Baca Juga: Wamen BUMN Ungkap 3 Tantangan Yang Dihadapi Industri Asuransi, Apa Saja?

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: