Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sandiaga Uno: Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia di Padang Dorong Peningkatan Penjualan

Sandiaga Uno: Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia di Padang Dorong Peningkatan Penjualan Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi antusiasme 27 peserta finalis pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang berlangsung di Transmart Padang, Sumatera Barat.

Menparekraf melihat semangat tinggi untuk bangkit dari para pelaku usaha yang menjadi peserta pameran AKI 2022 di kota Padang. Hal ini terlihat dari inovasi karya yang ditampilkan dalam upaya menarik kembali minat pasar di tengah pemulihan pasca pandemi. 

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Kawasan Danau Toba Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

“Di tengah kenaikan varian baru Omicron kita harus tetap tough dan memiliki semangat pantang mundur. Masalah yang kita hadapi bagaimana ekonomi bisa terus bertumbuh,” ujar Sandiaga usai meninjau 27 booth finalis AKI 2022 yang ditampilkan di Transmart Padang.

Menparekraf mengaku senang penjualan pelaku ekonomi kreatif di Sumbar, khususnya Padang sudah mulai naik. Christine Hakim sebagai pemilik Toko Oleh Oleh Christine Hakim mengaku penjualan sudah naik di atas 60% dari sebelumnya yang turun sampai tinggal 20%.

Perwakilan Shopee mengatakan, seller yang tergabung di marketplace itu mengalami peningkatan penjualan pandemi dan pasca pandemi lebih dari 80-90%. Mereka bisa recover karena sudah masuk ke ekosistem ekonomi digital. 

Dengan AKI, Menparekraf Sandiaga mengatakan ingin membantu produk ekonomi kreatif agar makin dikenal luas. “Data menyebut, jika kita ambil foto produk bersama kepala daerah dan dipublikasikan dengan baik, maka akan terjadi peningkatan penjualan 35% hingga 45%,” ujarnya seraya menambahkan, selain mendukung produk ekonomi kreatif dengan berbelanja, juga perlu ada keberpihakan kepada pelaku ekraf.

Sandiaga lebih lanjut menambahkan, Indonesia sekarang mengalami suatu transformasi. “Saya melihat peluang pelaku ekonomi kreatif mengambil belanja dari pemerintah saja Rp400-Rp500 triliun yang akan kita onboarding ke dalam LKPP. AKI adalah rumahnya UMKM yang kreatif. Mau maju semuanya, maka harus kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Menparekraf mengatakan, AKI 2021 belum masuk ke kota Padang, tapi berhasil menyentuh angka penjualan yang signifikan melalui bootcamp. “27 finalis AKI ini sudah ikut bootcamp. Mereka akan mendapatkan semangat baru. Sebuah semangat baru yang ingin saya sampaikan adalah jiwa pantang mundur. Membangun usaha bisa sukses jika kita punya jiwa pantang mundur ada di darah kita,” tutur Super Mentor AKI 2022.

Sandiaga menyebut, kegagalan adalah anak tangga mencapai kesuksesan. “Sekarang ini mau bisnis fashion, kuliner, kriya pasti akan alami kesulitan. Orang sukses itu mungkin 1-12 kali jatuh tapi 13-14 kali bangkit,” bebernya.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: