Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

57.400 Vaksin PMK Didistribusikan ke Kabupaten/Kota di Riau

57.400 Vaksin PMK Didistribusikan ke Kabupaten/Kota di Riau Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menargetkan 197.190 ekor hewan ternak di Provinsi Riau mendapat vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Hanya saja dari target itu, Provinsi Riau baru mendapat bantuan vaksin PMK sebanyak 57.400 dosis dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang disalurkan melalui dua tahap. Tahap pertama 7.400 dosis dan tahap kedua 50.000 dosis. 

Sedangkan populasi hewan ternak di Provinsi Riau terdiri sapi, sapi perah dan kerbau sebanyak 246.487 ekor. Dengan rincian sapi potong 213.980 ekor, sapi perah 68 ekor, dan kerbau 32.439 ekor. 

"Bantuan vaksin tahap kedua sudah datang, dan sudah kita distribusikan ke kabupaten/kota," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Herman, Selasa (26/7/2022). 

Herman mengatakan, 57.400 dosis vaksin PMK tersebut dinilai masih belum cukup untuk memenuhi target hewan ternak yang harus divaksin PMK.  "Kalau target kita 197.190 ekor hewan ternak bisa divaksin, dari total populasi hewan ternak sebanyak 246.487 ekor. Itu terdiri dari sapi, sapi perah dan kerbau," terangnya. 

Lebih lanjut Herman menyampaikan, bantuan vaksin tahap kedua telah didistribusikan ke 12 kabupaten/kota disesuaikan dengan jumlah populasi. 

"Mana daerah yang populasi hewan ternaknya banyak tentu mendapat vaksin lebih banyak. Seperti di Indragiri Hulu itu populasi sapi ada sebanyak 39 ribu, karena di sana merupakan sumber sapi terbanyak di Riau, tentu tidak sama dengan Pekanbaru populasi sapinya hanya 3.790 ekor," tutupnya. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel: