Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketar-Ketir Badan Yahudi Cabang Rusia Dibubarkan, Israel Kirim Delegasi ke Moskow

Ketar-Ketir Badan Yahudi Cabang Rusia Dibubarkan, Israel Kirim Delegasi ke Moskow Kredit Foto: Reuters/Emmanuel Dunand
Warta Ekonomi, Tel Aviv -

Israel akan mengirim delegasi ke Moskow untuk bertemu dengan pejabat pemerintah Rusia. Kantor perdana menteri Israel mengatakan kunjungan itu bertujuan membahas perselisihan tentant aktivitas lembaga non-profit Yahudi yang membantu pindah ke Israel.

Lembaga Jewish Agency cabang Rusia telah dilikuidasi oleh Kementerian Kehakiman Rusia. Pasalnya, lembaga tersebut melanggar undang-undang privasi dan detailnya diperkirakan akan disampaikan dalam persidangan di Moskow, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga: Takut Dibubarkan, Israel Gerak Cepat Peringatkan Rusia Soal Badan Yahudi

Kasus ini dikhawatirkan akan menciptakan krisis antara Israel dan Rusia yang memiliki banyak komunitas Yahudi. Rusia juga berpengaruh besar pada Suriah yang bersebelahan dengan Israel.

"Dalam koordinasi dengan pihak berwenang di Rusia, delegasi Israel akan pergi ke Moskow pada sore ini dan menggelar pertemuan dengan pihak yang relevan di sistem Rusia," kata kantor perdana menteri Israel dalam pernyataannya, Rabu (27/7/2022).

Sekitar 600 ribu orang Yahudi Rusia diduga sudah mengajukan permohonan pindah ke Israel. Pemerintah mengatakan pengajuan naik sejak kasus Jewish Agency yang kantor pusatnya di Yerusalem terungkap.

Lembaga itu merupakan organisasi non-profit orang Yahudi terbesar di dunia. Lapid mengatakan menutup cabang Jewish Agency di Rusia dapat merusak hubungan bilateral dua negara.

Baca Juga: Refly Harun Sebut 6 Parpol Dukung Anies Maju Pilpres 2024: Dinding Istana Bergetar

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: