Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Partainya Giring Akan Tentukan Capres Akhir November

Partainya Giring Akan Tentukan Capres Akhir November Kredit Foto: Instagram/PSI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha buka suara soal calon presiden yang akan ditetapkan partainya. Ia tegaskan partainya belum menetapkan calon presiden untuk 2024

Menurutnya, penentuan akan dilakukan setelah 'Rembuk Rakyat' berakhir pada November 2022. 

“Kami di PSI tetap tegak lurus menjalankan amanat partai termasuk penentuan capres 2024 dalam Rembuk Rakyat,” kata Giring Ganesha, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2022).

Di Rembuk Rakyat PSI, ada sembilan nama yang dianggap ideal sebagai menerus Jokowi. Mereka adalah Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati. 

Baca Juga: KIB Belum Tentukan Capres 2024, Bisa Ganjar Pranowo, Atau Anies Baswedan

“PSI yakin, sembilan sosok tersebut adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan,” ujar Giring.

Adapun, kata Giring, sembilan nama tersebut diperoleh setelah para pengurus dan kader PSI menemui para tokoh muda, guru, akademisi, dunia usaha, tokoh agama, tokoh adat, dan orang-orang yang dianggap mewakili rakyat. 

Pasalnya, sembilan nama itu semua bukan kader PSI. Tapi, sekarang dan nanti, PSI selalu siap jika salah satu kadernya diminta untuk mengabdi dalam posisi lain di pemerintahan. 

“Kami memiliki banyak kader muda potensial, berbakat, serta berprestasi yang siap memenuhi panggilan tugas negara. Tentunya dengan kualifikasi mengikuti tantangan yang saat ini dihadapi presiden,” ucap mantan Vokalis Band Nidji itu.

“Sebagai contoh, penunjukan Bro Raja Juli Antoni selaku Wakil Menteri ATR/BPN, kami pandang sangat tepat sebagai pasangan Pak Hadi Tjahjanto untuk memenuhi penugasan Presiden Jokowi terkait reformasi agraria dan maraknya mafia tanah yang saat ini terjadi di masyarakat.” tukas dia. 

Sebelumnya, PSI menghimpun sembilan nama calon presiden pengganti Joko Widodo. Nama-nama tersebut didapatkan setelah PSI menjalankan program bernama 'Rembuk Rakyat Mencari Penerus Jokowi'. 

Giring menyebut partainya akan turun ke basis-basis untuk melakukan sosialisasi sembari mendengar pendapat terkait sembilan nama tokoh itu.

Dia juga mengatakan telah menyediakan layanan Rembuk Rakyat Online bagi masyarakat untuk berpartisipasi langsung memberikan penilaian.

Baca Juga: Ekonomi Makin Pulih, Penyaluran Kredit BTPN Naik Hingga 10%

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Adrial Akbar

Advertisement

Bagikan Artikel: