Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bagaimana CIA Mengidentifikasi dan Membunuh Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri?

Bagaimana CIA Mengidentifikasi dan Membunuh Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri? Kredit Foto: Reuters/Ausaf Newspaper for Daily Dawn/Hamid Mir
Warta Ekonomi, Washington -

Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri tewas dalam serangan Amerika Serikat di Afghanistan selama akhir pekan, pukulan terbesar bagi kelompok militan sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011.

Zawahiri telah bersembunyi selama bertahun-tahun dan operasi untuk menemukan dan membunuhnya adalah hasil kerja "sabar dan gigih" oleh komunitas kontra-terorisme dan intelijen, kata seorang pejabat senior pemerintah kepada wartawan.

Baca Juga: Gaharnya Drone Joe Biden Bunuh Pemimpin Al-Qaeda Diapresiasi Barack Obama

Hingga pengumuman AS, Zawahiri diisukan berada di wilayah suku Pakistan atau di dalam Afghanistan.

Berbicara dengan syarat anonim, pejabat tersebut memberikan perincian berikut tentang operasi tersebut, sebagaimana dilansir Reuters.

Selama beberapa tahun, pemerintah AS telah mengetahui jaringan yang dinilai mendukung Zawahiri, dan selama setahun terakhir, setelah penarikan Amerika Serikat dari Afghanistan, para pejabat telah mengamati indikasi kehadiran Al Qaeda di negara itu.

Tahun ini, para pejabat mengidentifikasi bahwa keluarga Zawahiri --istrinya, putrinya dan anak-anaknya-- telah pindah ke rumah aman di Kabul dan kemudian mengidentifikasi Zawahiri di lokasi yang sama.

Selama beberapa bulan, para pejabat intelijen semakin yakin bahwa mereka telah mengidentifikasi Zawahiri dengan benar di rumah persembunyian Kabul dan pada awal April mulai memberi pengarahan kepada pejabat senior administrasi. Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional, kemudian memberi pengarahan kepada Presiden Joe Biden.

"Kami mampu membangun pola kehidupan melalui berbagai sumber informasi independen untuk menginformasikan operasi tersebut," kata pejabat itu.

Begitu Zawahiri tiba di rumah persembunyian Kabul, para pejabat tidak menyadari dia meninggalkannya dan mereka mengidentifikasi dia di balkonnya pada beberapa kesempatan.

Para pejabat menyelidiki konstruksi dan sifat rumah persembunyian dan meneliti penghuninya untuk memastikan Amerika Serikat dapat dengan percaya diri melakukan operasi untuk membunuh Zawahiri tanpa mengancam integritas struktural bangunan dan meminimalkan risiko bagi warga sipil dan keluarga Zawahiri, kata pejabat itu.

Baca Juga: Puan Dipastikan Menang Pilpres 2024 Skenario Dua Paslon dengan Cara Ini, Andi Arief: Ini Nggak Pernah Kita Lakukan di Zaman SBY

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: