Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Efek Anies Baswedan, Elektabilitas NasDem Makin Terperosok ke Angka 2 Persen

Efek Anies Baswedan, Elektabilitas NasDem Makin Terperosok ke Angka 2 Persen Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keputusan Partai NasDem yang akan mendukung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai capres 2024 menunjukkan hasil yang kurang baik. Hasil itu terlihat dari survei Center for Political Communication Studies (CPCS).

Elektabilitas Partai NasDem turun menjadi 2,1 persen setelah sebelumnya mencapai 4,0 persen pada survei CPCS pada April 2022. Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta mengatakan, anjloknya elektabilitas NasDem disebabkan partai yang dipimpin Surya Paloh itu ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalisnya.

Baca Juga: Orang NasDem Blak-blakan Partainya Nggak Ada Masalah dengan PDIP: Kami Partai Sahabat!

"Keputusan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden membuat NasDem ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalis," katanya di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Padahal, hingga tiga bulan lalu, NasDem masih mampu mengamankan posisi dengan meraih elektabilitas di atas ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Menurut Okta, keputusan NasDem mencapreskan Anies belum tentu sudah bersifat final.

"Mencapreskan Anies merupakan strategi NasDem untuk memimpin poros koalisi di luar PDIP, Gerindra, dan Golkar," kata Okta.

Baca Juga: Memiliki Potensi Besar, UUS Maybank Indonesia Dukung Pengembangan Industri Halal

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: