Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

RI Raih Juara Umum ASEAN Para Games, Menpora: Modal Menuju Paralimpiade 2024

RI Raih Juara Umum ASEAN Para Games, Menpora: Modal Menuju Paralimpiade 2024 Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Kesuksesan ini sekaligus menjadi modal bagus menuju kualifikasi Paralimpiade 2024.

Hal itu dikatakan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Menurutnya hasil dari ASEAN Para Games 2022 juga menambah motivasi para atlet untuk bisa meraih sukses di level lebih tinggi, khususnya di Paralimpiade 2024 yang akan berlangsung di Paris, Prancis.

“Kalau kalian bagus main di ASEAN Para Games maupun Asian Para Games maka kalian pasti akan dikirim ke kualifikasi Paralimpiade Paris 2024. Jadi ini motivasi untuk atlet sehingga mereka akan menunjukkan bahwa mereka pantas dikirim ke Paralimpiade Paris 2024 mendatang," Kata Amali.

Kontingen Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum karena peroleham medali sudah tak terkejar dari para pesaing. Torehan medali Indonesia khususnya emas jauh melampaui target yang dicanangkan yakni dengan 104 keping emas.

Karena itu Menpora mengaku tak kaget dengan capaian-capaian yang di atas target awal yang dicanangkan untuk atlet para Indonesia ini.

"Target yang disampaikan oleh CdM dan NPC Indonesia pada saat pengukuhan kontingen Indonesia yakni 104 medali emas, tapi saat ini kita sudah meraih 133 medali emas," ujar Menpora Amali.

"Dengan hasil ini saya tidak terlalu kaget, karena saat Paralimpiade Tokyo lalu kita menargetkan peringkat 60 dunia, sebelumnya di Rio de Jeneiro kita posisi 76 dunia, tetapi atlet Paralimpiade kita mampu menembus ke posisi peringkat ke-43 dunia. Jadi, waktu saya lihat beberapa cabor melampaui target-targetnya saya tidak begitu kaget," pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan