Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Maruf Amin Sebut Pemerintah Bakal Evaluasi Atas Tingginya Biaya Haji

Maruf Amin Sebut Pemerintah Bakal Evaluasi Atas Tingginya Biaya Haji Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan pemerintah akan mengevaluasi besaran biaya perjalanan ibadah haji tahun 2022 untuk mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan haji tahun 2023.

“Memang sekarang ini akibat krisis global ini ada kenaikan biaya haji, nah itu harus dievaluasi pemerintah untuk persiapan tahun depan,” katanya seusai menghadiri Islamic Book Fair 2022 di Jakarta Convention Center, Jumat (5/8).

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati biaya perjalanan ibadah haji tahun 2022 sekitar Rp39,8 juta per orang, lebih tinggi dibandingkan dengan ongkos haji tahun 2018 sampai 2020 yang rata-rata sekitar Rp35 juta rupiah per orang.

Biaya perjalanan ibadah haji di antaranya mencakup ongkos penerbangan, biaya pengurusan visa, biaya hidup, serta biaya akomodasi selama di Kota Mekkah dan Madinah, Arab Saudi

Maruf mengemukakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Tentu agak berbeda ya karena ini baru pertama setelah dua tahun,” katanya.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Capai 80 Orang

Pemerintah Arab Saudi selama dua tahun menerapkan pembatasan ketat dalam pelaksanaan ibadah haji guna mencegah penularan Covid-19. Tahun 2020 dan 2021, Arab Saudi tidak menerima jamaah haji dari negara lain.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan