Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinyal Kuat Duet Prabowo dan Cak Imin, Poros Baru Kekuatan Politik di Pilpres 2024

Sinyal Kuat Duet Prabowo dan Cak Imin, Poros Baru Kekuatan Politik di Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/ANTARA/M Risyal Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional Adib Miftahul menilai bahwa akan terjadi poros politik baru jelang pemilihan presiden (Pilpres) di 2024 mendatang. Hal tersebut dikatakan berdasarkan analisanya mengenai wacana duet Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam koalisi tersebut, Adib menilai bahwa kedua partai berkemungkinan besar mengusung para ketuanya di kontestasi Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Dia menilai, duet pasangan calon tersebut lebih serius jika dibandingkan dengan wacana koalisi lainnya.

Baca Juga: Prabowo dan Cak Imin Saling Memuji di KPU, Bakal Bentuk Koalisi Baru

"Prabowo-Cak Imin, dari banyaknya koalisi, saya melihat ini agak serius ketimbang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Misalnya, wacana-wacana NasDem, Demokrat, PKS, saya melihat ini (Prabowo-Cak Imin) agak serius," kata Adib pada Warta Ekonomi, Selasa (9/8/22).

Duet tersebut juga dikatakan berdasarkan pesan tersirat dari para elit politik kedua partai tersebut. Kendati demikian, Adib meyakini bahwa peta politik masih bisa berubah sewaktu-waktu, tetapi duet Gerindra-PKB dia nilai agak serius dalam pergerakannya.

Menurutnya, Prabowo Subianto dengan citra kenegarawanannya dan Cak Imin dengan PKB-nya, berkemungkinan besar memberikan alternatif poros baru politik di perhelatan Pilpres mendatang.

"Citra Pak Prabowo yang menurut saya negarawan, dari dulu pertarungan Pak Jokowi dan masuk pada koalisinya Pak Jokowi, bakal berkoalisi dengan Cak Imin dengan PKB-nya, saya rasa ini memberikan alternatif poros baru, bahwa ada garis religius kebangsaan yang dipunyai oleh PKB ada garis nasionalis (Gerindra)," katanya.

Baca Juga: Ikut Kawal Kasus Brigadir J, Pesan Hotman Paris Buat Bharada E Mau Jadi Justice Collaborator?

Adib menilai, duet tersebut akan menjadi kekuatan politik baru dengan dua tokoh yang memiliki daya tawar yang cukup tinggi. Dengan basis elektoralnya, kata Adib, nasionalis yang dimiliki Gerindra dan kaum Islam kebangsaan yang digaungkan PKB mampu membentuk kekuatan politik di kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Rocky Gerung Blak-blakan Terkait Cawapres Pilihan Anies Baswedan: Nggak Mungkin dari Nasdem

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: