Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Tandan Buah Segar Petani Sawit Naik Ditopang Harga CPO

Harga Tandan Buah Segar Petani Sawit Naik Ditopang Harga CPO Kredit Foto: Antara/Makna Zaezar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harga kelapa sawit periode 10 sampai 16 Agustus 2022 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur. Jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp98,86 per kilogram atau mencapai 4,63% dari harga minggu lalu.

Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp2.232,93 per kilogram. Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli mengatakan, kenaikan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal.           

Faktor internal antara lain disebabkan oleh terjadinya kenaikkan harga jual CPO dan kernel dari perusahaan yang menjadi sumber data.  Untuk harga jual CPO, PTPN V menjual CPO dengan harga Rp 10.142,11 per kilogram dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp 400,44 per kilogram dari harga minggu lalu.

Selanjutnya Sinar Mas Group menjual CPO dengan harga Rp9.875,00 per kilogram dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp716,58 per kilogram dari harga minggu lalu. PT. Astra Agro Lestari Group menjual CPO dengan harga Rp 9.790 per kilogram dan mengalami kenaikan harga sebesar Rp 830 per kilogram.

"Sementara dari faktor eksternal, Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) melesat di sesi awal perdagangan pada Senin (8/8/2022), setelah harga CPO ambles 9,6% di sepanjang pekan lalu. Penguatan harga CPO pada pembukaan perdagangan hari ini, bersamaan dengan kenaikan pada harga minyak kedelai di Dalian," ujarnya.

Baca Juga: Saran Buat Megawati, PDIP Bakal Menang Pilpres 2024, Jika Duetkan Ganjar dengan Sosok ini: Rekor 3 Kali Berturut-turut

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: