Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Perekonomian, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Diresmikan Presiden Jokowi

Tingkatkan Perekonomian, Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Diresmikan Presiden Jokowi Kredit Foto: Kemenhub
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (9/8/2022), meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Presiden mengatakan Terminal Kijing sudah dibangun sejak tahun 2016 dan kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk unggulan yang dihasilkan Provinsi Kalbar seperti: CPO, alumina, bauksit, dan komoditas lainnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Pelabuhan Terminal Kijing Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan

Dengan nilai investasi sekitar Rp2,9 Triliun, kehadiran pelabuhan ini juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antarpulau di Indonesia dan juga antarnegara.

"Pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu TEUs dan 8 juta nonpetikemas. Ini sangat besar sekali dan merupakan pelabuhan terbesar yang ada di Kalimantan," ujar Presiden Jokowi dikutip dalam siaran pers Kemenhub, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga: Tinjau Terminal Tipe A Tingkir Salatiga, Menhub: Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat dan UMKM

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta Kementerian PUPR untuk melakukan pelebaran akses jalan guna memperlancar pergerakan kendaraan kontainer dari dan menuju ke Terminal Kijing.

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi menjelaskan Pemerintah telah menugaskan PT Pelindo melalui konsesi untuk membangun Terminal Kijing yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Formula E Bukan Program Gubernur, Guntur Romli: Sinyal Buat Anak Buah Siap-siap Jadi Korban?

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: