Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cegah Abrasi, Kementerian PUPR Bangun 13 Km Pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung

Cegah Abrasi, Kementerian PUPR Bangun 13 Km Pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan pengaman pantai kawasan pesisir Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pembangunan pengaman pantai bagian dari dukungan infrastruktur untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

Kawasan pariwisata Tanjung Lesung terkenal dengan keindahan destinasi wisata bahari dengan air lautnya yang jernih. Pembangunan pengaman pantai akan melindungi pantai dari risiko abrasi akibat terjangan ombak sekaligus melestarikan vegetasi serta menjaga permukiman dan pariwisata di sekitar pantai saat pasang laut. 

Baca Juga: Dukung Pengembangan KSPN Tanjung Lesung, KemenPUPR Bangun Rusun Tampung 250 Pekerja

"Pengaman Pantai Tanjung Lesung ini dilengkapi juga dengan ruang publik, seperti plaza, taman, dan jogging track sepanjang 13 kilometer. Selain tanggul ini, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan infrastruktur sistem air minum, rumah susun buat pekerja, serta jalan tol yang menghubungkan kota Jakarta dengan kawasan produksi dan pariwisata," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau infrastruktur KEK Tanjung Lesung, Senin (8/8/2022). 

Pembangunan pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan selesai 2023 di bawah tanggung jawab BBWS Ciujung, Cidanau, dan Cidurian. Konstruksi bangunan dikerjakan melalui 2 paket pekerjaan, yakni Paket 1 oleh kontraktor PT Waskita Karya, Tbk dengan nilai kontrak Rp249,9 miliar. Progres pekerjaan paket 1 sebesar 51,35% meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 6,2 km yang dilengkapi jogging track dengan lebar 5 meter.  

Baca Juga: Kementerian PUPR: Jalan Tol Serang - Panimbang Seksi 3 Ditarget Operasi Penuh 2024

Selanjutnya, Paket 2 dikerjakan oleh kontraktor PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk dengan nilai kontrak Rp168,3 miliar dengan progres fisik 61,22%. Pekerjaan Paket 2 meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 3,8 km dilengkapi jogging track sepanjang 7,6 km dengan lebar 5 meter. 

Pengaman pantai dan jogging track KEK Tanjung Lesung sepanjang 13,8 km akan melindungi kawasan wisata seperti lansekap Plaza Pantai Bodur, Groin Laguna dan Tanjung Lesung Beach Hotel, Groin Laguna Pantai Lalassa, dan Dermaga Pantai Sagna. Diharapkan dengan dibangunnya jogging track pada pengaman pantai juga dapat menjadi spot wisata dan sarana olahraga baru di sekitar KEK Tanjung Lesung.

Baca Juga: Aremania Bantah Soal PSSI Temukan 42 Botol Miras di Stadion Kanjuruhan: Hari Ini Nemu Botol Miras, Mungkin Besok Nemu...

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: