Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga CPO Global Awal Perdagangan Pekan II Agustus 2022 Melesat, Mengapa?

Harga CPO Global Awal Perdagangan Pekan II Agustus 2022 Melesat, Mengapa? Kredit Foto: Antara/Akbar Tado
Warta Ekonomi, Jakarta -

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) melesat di sesi awal perdagangan pada Senin (8/8/2022) setelah harga CPO ambles 9,6 persen di sepanjang pekan lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja, dilansir dari laman resmi Pemerintah Provinsi Riau pada Rabu (10/8).

Baca Juga: Periode 9 Agustus 2022, Harga CPO KPBN Kembali Naik

"Penguatan harga CPO pada pembukaan perdagangan hari ini, bersamaan dengan kenaikan pada harga minyak kedelai di Dalian. Harga minyak kedelai di Dalian naik tajam 3,5 persen," jelas Defris Hatmaja.

Lebih lanjut dijelaskan Defris, harga minyak sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak karena bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global. Selain itu, analis juga berpendapat bahwa CPO Malaysia telah tersaingi oleh CPO Indonesia karena Pemerintah Indonesia telah memangkas pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO sehingga dinilai lebih menarik.

"Harga tunai yang lebih rendah, diskon kelapa sawit yang lebih besar ke minyak kacang saingan terdekatnya dan pengurangan pajak ekspor akan menawarkan peningkatan peluang ekspor kelapa sawit Indonesia," katanya.

Baca Juga: Anggota Komisi III DPR Yakin Penetapan Anies Sebagai Tersangka KPK Bukan Berdasarkan Hukum, Begini Penjelasannya!

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: