Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Survei Capres 2024: Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Keok Lawan 'Pembantu' Jokowi, Siapa?

Hasil Survei Capres 2024: Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Keok Lawan 'Pembantu' Jokowi, Siapa? Kredit Foto: Antara/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc
Warta Ekonomi, Jakarta -

Manuver para aktor politik khususnya nama-nama yang dikabarkan kuat akan maju di Pilpres 2024 terus bisa dirasakan. Hasil rilis lembaga survei pun telah banyak mengeluarkan siapa "pemenang" sementara dari kontastasi tersebut.

Mengenai hal ini, Lembaga survei IPS merilis hasil survei elektabilitas partai politik hingga bakal calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024. Hasilnya, elektabilitas salah satu menteri Jokowi yakni Prabowo Subianto tembus di angka 30,2 persen.

"Hasil survei IPS menegaskan bahwa jika pilpres dilaksanakan saat ini, sebanyak 30,2 peraen responden mengaku akan memilih Prabowo Subianto," ujar Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Rabu (10/8/2022).

Kemudian, dia melanjutkan, sebanyak 19,8 persen responden akan memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan 18,9 persen memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Baca Juga: Lagi dan Lagi... Kader Top PSI Menyatakan Dukung Anies Baswedan, Raja Juli Antoni Koar-koar Soal Politik Agama: Tidak Bisa Dinegosiasi!

Survei IPS dilaksanakan pada 1-8 Agustus 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel populasi ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. 

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error survei kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.  

Baca Juga: Jaksa Agung Jamin Tak Ada Lobi di Kasus Pembunuhan Brigadir J: Kita Akan Profesional di Persidangan

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: