Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelaku UMKM Mohon Disimak! Begini Tips dan Pertimbangan dalam Adopsi Teknologi SaaS

Pelaku UMKM Mohon Disimak! Begini Tips dan Pertimbangan dalam Adopsi Teknologi SaaS Kredit Foto: Mekari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini marak sekali aksi yang mendukung program transformasi digital yang kemudian juga memengaruhi perubahan pasar. Para pelaku usaha harus menyesuaikan diri dengan era digitalisasi agar mereka mampu bertahan. Tentu saja, melakukan digitalisasi kemudian menjadi suatu cara wajib agar bisnis mampu bersaing dan terus berjalan.

Saat ini, banyak pelaku usaha mulai melakukan adopsi digital ke dalam sistem atau model usaha perusahaannya. Namun, dalam proses transformasinya ini, para pelaku usaha membutuhkan banyak persiapan dan pertimbangan yang matang supaya digitalisasi yang dilangsungkan dapat diadopsi dengan baik. Perlu ada prioritas-prioritas aksi yang harus dilakukan.

Menanggapi pentingnya digitalisasi untuk UMKM, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiama menjelaskan, “kalau UMKM tidak berhasil melakukan transformasi digital, dia akan tertinggal dengan yang lain, tidak akan mampu bersaing, tapi jumlah UMKM di Indonesia ini sangat besar dan sebagian adalah UMKM kelas kecil.”

Baca Juga: Mekari Dukung Solusi Digital untuk Bantu UMKM Bertahan di Tengah Gejolak Ekonomi

Dalam acara Mekari Conference 2022, Kamis (11/8/2022), COO Mekari, Anthony Kosasih turut memberikan pandangannya, “kalau UMKM baru mulai, yang jadi prioritas utama itu kan keuangan, jadi kalau misalnya tidak profit, tidak untung atau berkembang, ya susah untuk sustain-nya, jadi mereka biasanya adopting solusi, setelah itu biasanya mereka bisa mention hasil usahanya secara detail."

Anthony melanjutkan, adaptasi digital untuk UMKM senantiasa bertahap, jika prioritas utama sudah dilakukan dan hasil yang diinginkan dari prioritas tersebut sudah nampak, maka adopsi dan adaptasi digital selanjutnya akan menyesuaikan. Seperti kewajiban pelaku usaha untuk memperhatikan pajak, sehingga mereka membutuhkan tax solution.

Lalu jika bisnis terus berkembang, mereka akan mulai mengembangkan adopsi digital ke arah HR maupun pelayanan benefit bagi karyawan.

Anthony juga tidak lupa untuk menyampaikan bahwa yang paling penting dari adopsi digital ke dalam sistem usaha adalah untuk memperhatikan upskilling bagi karyawan sehingga tim UMKM dalam memiliki kesiapan yang maksimal untuk melakukan adopsi digital dan berkembang.

Baca Juga: Ngeri! Anak Buah Sambo yang Pimpin Penyidikan Tunjukkan Kode Ini Saat Rekonstruksi: Itu Sandi, Artinya…

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: