Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Selama Dua Hari, Enam Daerah di Sumsel Ini Diminta Waspada Dampak Hujan Lebat

Selama Dua Hari, Enam Daerah di Sumsel Ini Diminta Waspada Dampak Hujan Lebat Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak enam daerah di Provinsi Sumatra Selatan diminta waspada terhadap dampak hujan intensitas lebat. Hujan lebat diprakirakan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bakal berlangsung 12 dan 13 Agustus 2022.

Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumatra Selatan Ansori di Palembang, Kamis, mengatakan keenam daerah tersebut yakni Kabupaten Muara Enim (Kecamatan Semendo Darat Tengah, Semendo Darat Ulu, Semendo Darat Laut), Ogan Komering Ulu (Kecamatan Ulu Ogan).

Selanjutnya, Lahat (Mulak Ulu, Tanjung Sakti Pumi, dan Kota Agung), Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Kecamatan Buana Pemaca, Simpang, Sungai Are, Sindang Danau, Mekakau Ilir, dan Pulau Beringin).

Kemudian, Kota Pagaralam (Dempo Utara, Dempo Selatan, Dempo Tengah), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (Bunga Mayang, Jaya Pura, Martapura). "Dalam informasi yang diterima, keenam daerah itu diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat pada level waspada pada 12-13 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB," kata dia.

Menurutnya, hujan deras tersebut diperkirakan berpotensi menimbulkan longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, banjir akibat volume sungai meningkat, kerusakan sebagian tanaman.

Kendati demikian,warga setempat diimbau untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi terbaru terkait kondisi cuaca yang disiarkan melalui media sosial baik dari BMKG maupun BPBD setempat.

"Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah atau bila memang tidak mendesak akan lebih tidak beraktivitas di luar rumah," kata dia, termasuk mengamankan dokumen penting dan benda berharga lainnya.

Ia memastikan segenap unsur petugas penanggulangan ataupun pertolongan kebencanaan sedianya telah bersiaga untuk merespons cepat setiap kejadian di pos masing-masing.

Baca Juga: Ngeri! Anak Buah Sambo yang Pimpin Penyidikan Tunjukkan Kode Ini Saat Rekonstruksi: Itu Sandi, Artinya…

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: