Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pandemi Buat SDGs Terhambat, Suharso: Semua Pihak Harus Bekerja Lebih Terintegrasi

Pandemi Buat SDGs Terhambat, Suharso: Semua Pihak Harus Bekerja Lebih Terintegrasi Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah mengganggu percapapain Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi agenda internasional Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kita agak terganggu akibat pandemi Covid-19, hingga hampir semua target pencapain SDGs ini tersendat," kata Suharso dalam Kick Off Indonesia's SDGs Action Award 2022, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Tak Hanya Hambat SDGs, tetapi Juga Buat Pembiayaan Jadi Bengkak

Namun, di sisi lain, ia menyampaikan, pandemi telah menyadarkan banyak pihak untuk mengutamakan kebersamaan dalam solidaritas. Bahkan, pandemi telah meningkatkan kepedulian terhadap masalah sosial, ekonomi, dukungan dan tata kelola.

"Pandemi mendorong kita untuk kian fokus pada pencapaian target agar tidak seorangpun tertinggal," imbuhnya.

Lebih lanjut, Suharso menjelaskan bahwa program SDGs ini memberikan ruang untuk semua pihak dalam menjalankan kegiatan usaha apapun bukan hanya fokus pada pencapaian nilai ekonomi, melainkan memperhatikan nilai-nilai sosial dan tata kelola yang baik dan benar.

"Masa depan kita ini bergantung pada kolaborasi pemangku kebijakan dalam menentukan ekosistem yang berkelanjutan yang lebih transparan dan mementingkan hak asasi manusia," ujarnya.

Oleh sebab itu, Suharso mengajak semua pihak untuk melakukan kolaborasi multipihak. Sebab, ini bisa menjadi kunci dalam menjawab tantangan yang sedang dan akan dihadapi dari waktu ke waktu. "Pemerintah tidak bisa kerja sendiri apalagi setelah situasi setelah pandemi," lanjutnya.

"Semua pihak harus bekerja lebih terintegrasi, inklusif, bermitra, sensitif terhadap segala kondisi agar tidak ada satu pun yang tertinggal," pungkas Suharso.

Baca Juga: Ngeri! Informan SBY Bukan Orang Sembarangan: Mendengar Langsung dari Mulutnya Presiden, Presiden Hanya Mau Dua Calon

Penulis: Martyasari Rizky
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: