Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA UMKM Fest 2022: Ajang Bagi BCA Pacu Pertumbuhan Bisnis UMKM

BCA UMKM Fest 2022: Ajang Bagi BCA Pacu Pertumbuhan Bisnis UMKM BCA Gelar “BCA UMKM Fest 2022” | Kredit Foto: Dok. BCA.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menggelar event "BCA UMKM Fest 2022" sebagai wujud komitmen dalam mendukung UMKM Indonesia untuk bertumbuh dan berkembang. Acara tersebut digelar secara hybrid, di mana kegiatan offline dihelat selama periode 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, sedangkan yang online selama periode12 Agustus hingga 12 September 2022 di umkmfest.bca.co.id. Lebih dari 1.000 UMKM mengikuti kegiatan ini. 

Seremoni pembukaan dilakukan pada Jumat, 12 Agustus 2022. Sejumlah direksi BCA hadir dalam kesempatan tersebut, yakni Direktur BCA, Vera Eve Lim; Direktur BCA, Frengky Chandra Kusuma; Direktur BCA, John Kosasih; EVP Commercial & SME BCA sekaligus Ketua Panitia Freddy Iman, dan EVP Transaction Banking Businesses Development BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya. Sementara itu, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja memberikan sambutan secara online.

Baca Juga: Samudera Indonesia Rogoh Kocek Buat Caplok Perusahaan Afiliasi Kalbe Farma, Ternyata Oh Ternyata Ini Tujuannya!

"Melalui BCA UMKM Fest, kami menyediakan ruang berkarya bagi pegiat UMKM. Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik, tapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini," ungkap John Kosasih, Jumat, 12 Agustus 2022. 

Dalam kegiatan Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden mempersembahkan 86 UMKM untuk mendapatkan kesempatan ke dalam pasar internasional. 

BCA menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan. Selain para pelaku UMKM nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. BCA juga menggandeng mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Bagi pengunjung yang hadir secara langsung ke UMKM Fest 2022, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai program menarik seperti Cashback Rp 50ribu dengan QRIS BCA, Cashback hingga Rp 150ribu dengan Kartu Kredit BCA dan Program Double Value Voucher Reward BCA.

“Selain memberikan tempat untuk memasarkan produk unggulan, kegiatan offline BCA UMKM Fest 2022 juga menyediakan beragam tema workshop, talkshow, dan berbagai booth Showcase Installation & Digital Experience yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti fashion show produk fashion buatan perajin lokal, serta mengeksplorasi 50 brand lokal unggulan, dari makanan dan minuman, fashion, hobi, kesehatan dan kecantikan, hingga tour & travel. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai penawaran dan promo menarik,” kata Freddy Iman. 

Kegiatan UMKM Fest selaras dengan upaya pemerintah untuk mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional dan selaras dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia serta gerakan berwisata di indonesia melalui program desa wisata

Pentingnya posisi UMKM bagi Indonesia terlihat dari besarnya kontribusi sektor UMKM yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta banyaknya jumlah tenaga kerja yang terserap di sektor ini. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga Maret 2021 lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB mencapai 61,07% atau Rp8.573,9 triliun.

UMKM juga mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. Selain itu, komitmen BCA dalam mengembangkan UMKM agar semakin tumbuh dan berdaya saing ini selaras dengan percepatan realisasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia. 

Sebagai informasi, hingga Juni 2022, BCA telah menyalurkan kredit kepada UMKM sebesar Rp94,2 triliun, atau tumbuh hingga 19,6% secara tahunan (year on year/YoY). Hal ini merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia. 

"BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Dengan sudah berangsur-angsur pulih mobilitas masyarakat, kami optimis dapat menjangkau lebih banyak lagi pengunjung baik secara offline maupun online. Melalui kehadiran BCA UMKM Fest ini, diharapkan dapat membangkitkan motivasi serta optimisme penggiat UMKM Indonesia dan mempercepat realisasi SDGs," tutup John Kosasih.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: