Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penting! Tanda Kanker Ovarium, Salah Satunya Kurang Nafsu Makan

Penting! Tanda Kanker Ovarium, Salah Satunya Kurang Nafsu Makan Kredit Foto: Unsplash/Kelly Jean
Warta Ekonomi, Jakarta -

Faktor kesehatan sangat penting dalam kehidupan manusia. Pengetahuan akan penyakit menjadi hal yang berguna untuk meminimalisir kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium.

Kanker ovarium menargetkan dua organ kecil yang menyimpan sel telur yang dibutuhkan untuk membuat bayi. Perawat spesialis kanker di Perci Health, Chloe Cruickshank, mengatakan, meskipun kanker ovarium masih dianggap relatif jarang, kanker ini tetap menjadi kanker paling umum keenam yang terjadi pada wanita.

Pakar tersebut juga membagikan tanda-tanda yang membuat kondisi tersebut “lebih sulit untuk didiagnosis”. Ketika wanita duduk di depan makanan rumahan setelah hari yang panjang, hal terakhir yang ingin Anda alami adalah tidak nafsu makan.

Saat semua orang terkadang merasa sedikit kurang lapar, Cruickshank memperingatkan bahwa kurang nafsu makan bisa menjadi tanda kanker ovarium. Badan kesehatan di Inggris, National Healt Services (NHS), juga mencatat, tidak merasa lapar sering kali disertai dengan rasa cepat kenyang setelah makan. Karena gejala seperti ini sering dikaitkan dengan kondisi non-kanker lainnya, kanker ovarium mungkin sulit dikenali.

Baca Juga: Kurang Makan Buah? Hati-Hati Risiko Kena Diabetes Hingga Strok Makin Tinggi

Dia mengatakan, saat nyeri panggul dan pendarahan vagina sering terjadi, kanker ovarium biasanya lebih sulit untuk didiagnosis. Hal tersebut terjadi karena gejala kanker ovarium lainnya (kembung, cepat kenyang, dan perubahan kebiasaan buang air besar dan kandung kemih) sering meniru beberapa kondisi non-kanker seperti irritable bowel syndrome (IBS).

“Akibatnya, wanita dengan kanker ovarium yang mengalami gejala ini, sayangnya akan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan diagnosis," ujarnya seperti dikutip dari laman Express, Jumat (12/8/2022).

Seseorang yang mengalami kanker ovarium akan mengalami gejala berikut ini setidaknya 12 kali atau lebih dalam sebulan. Berikut tanda-tandanya: 

1. Kembung yang tidak kunjung hilang, biasanya konstan

2. Kesulitan makan dan merasa kenyang lebih cepat dari biasanya

3. Nyeri perut dan panggul yang muncul hampir setiap hari

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Kalem meski Unggul di Bali, De Gadjah: Biar Ngga Ada Ricuh

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel: