Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lestarikan Tradisi Lewat Bagholek Godang Festival, Gus Halim Apresiasi Masyarakat Kampar

Lestarikan Tradisi Lewat Bagholek Godang Festival, Gus Halim Apresiasi Masyarakat Kampar Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ribuan warga Bangkinang, Kabupaten Kampar tumpah ruah di jalanan antusias menyaksikan pawai budaya warisan leluhur Masyarakat Kampar. Bagholek Godang Festival merupakan kegiatan tahunan dalam rangka mempertahankan adat istiadat dan budaya di tengah gempuran zaman.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berkesempatan menghadiri sekaligus menutup Bagholek Godang Festival 2022, di Lapangan Merdeka Bengkinang, Kabupaten Kampar pada Jumat (12/8/2022).

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini mengaku senang dapat hadir dalam Bagholek Godang Festival 2022. Menurutnya, festival seperti ini adalah bagian untuk menjadikan budaya sebagai kekayaan lokal serta kekuatan warga dalam membangun desa, dan membangun Kampar yang lebih baik. Baca Juga: Gus Halim : Desa Pilar Utama Ketahanan Pangan

“Saya bersyukur pada malam hari ini bisa hadir dalam acara yang sangat luar biasa yang digelar di Kabupaten Kampar. Sukses untuk warga masyarakat Kabupaten Kampar, bahagia dan sejahtera,” ujar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Gus Halim juga menilai, warga masyarakat Kampar sangat luar biasa, terutama  di dalam mempertahankan budaya dan  tradisi.

“Tadi ada tarian Lasuang yang luar biasa, yang sudah mulai punah dan sekarang dibangkitkan kembali,” ungkap mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Oleh karena itu, Gus Halim berharap Bagholek Godang Festival 2022 ini bisa jadi wadah dalam pelestarian budaya Kampar. Selain itu memberi dampak peningkatan ekonomi, serta kemajuan bagi warga Kampar.

“Saya sangat mengapresiasi seluruh warga masyarakat Kampar, Bupati Kampar, pimpinan-pimpinan adat Kampar yang terus berupaya untuk mempertahankan adat budaya di Kampar,” tandasnya.

Bernama Bagholek Godang, karnaval budaya ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Provinsi Riau dan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus.

Sebelum menutup Bagholek Godang Festival 2022, Gus Halim menyerahkan piagam penghargaan kepada 14 kepala  desa di Kabupaten Kampar yang berhasil menyandang status sebagai desa mandiri.

Baca Juga: Akhirnya Putri Candrawathi Resmi Ditahan: Angkat 2 Jempol Buat Bapak Kapolri!

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: