Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rehabilitasi dan Rekonstruksi Kepulauan Selayar, Begini Pesan dari Wapres Maruf Amin

Rehabilitasi dan Rekonstruksi Kepulauan Selayar, Begini Pesan dari Wapres Maruf Amin Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Peristiwa bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 14 Desember 2021 yang lalu masih menyisakan duka bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter ini memberikan dampak kerusakan infrastruktur di Kecamatan Pasimarannu dan Kecamatan Pasilambena. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh pihak terkait agar mampu bekerja sama guna mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi di Kabupaten Selayar.

“Saya meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait untuk terus bekerja sama guna mendukung penuntasan rehabilitiasi dan rekonstruksi pascabencana di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ujar Wapres dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Hadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD, Maruf Amin Kenakan Pakaian Adat Solo

Wapres turut mengapresiasi jajaran pemerintah daerah serta pemerintah provinsi yang sudah berkontribusi dalam penanggulangan bencana yang menimpa Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

“Saya memberi apresiasi kepada pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, serta semua pihak yang sudah mengambil peran dalam rangka penanggulangan bencana,” ucapnya.

Lebih jauh, Wapres menerangkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk membantu penanganan pascabencana Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui adanya pemrosesan anggaran penanggulangan bencana.

“Kita itu sudah menyiapkan anggaran di pusat ataupun provinsi, maupun di daerah. Jangan sampai pemerintah daerah tidak menganggarkan itu, karena kalau terjadi apa-apa, kemudian terjadi kesulitan, baik di kabupaten maupun provinsi,” pungkas Wapres.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 dana sejumlah Rp7,3 miliar telah disetujui untuk penanganan bencana, dan saat ini tengah diproses anggaran senilai Rp7,95 miliar yang diajukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk perbaikan rumah warga terdampak bencana.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyampaikan pemerintah daerah terus memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat, melalui pemberian perhatian dan juga bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat.

Baca Juga: Akhiri Eksekusi Lewat Tembakan di Kepala Dua Kali, Sadis Betul Ferdy Sambo Terhadap Brigadir J!

“Untuk penanganan tanggap darurat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memberikan dukungan logistik, seperti 1.000 paket sembako, tenda, kasur, selimut, perlengkapan bayi, peralatan dapur, perlengkapan mandi, genset, kabel rol, dan paket penjernih air,” ujarnya.

Baca Juga: Febri Diminta Mundur Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo: Kau Hanya Dapat Cacian Publik!

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: