Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Satgasus Merah Putih Pimpinan Ferdy Sambo Dibubarkan Kapolri, Rocky Gerung Ungkit Awal Pendirian: Dulu Fungsinya Bagus!

Satgasus Merah Putih Pimpinan Ferdy Sambo Dibubarkan Kapolri, Rocky Gerung Ungkit Awal Pendirian: Dulu Fungsinya Bagus! Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perkembagan kasus pembunuhan Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang kini diketahui didalangi oleh Irjen Ferdy Sambo terus mendapat perhatian masyarakat.

Satu hal yang jadi sorotan bersamaan dengan Ferdy Sambo yang jadi tersangka adalah pembubuaran Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Merah Putih yang dipimpin oleh Ferdy Sambo oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Satuan ini dibentuk saat masa Tito Karnavian menjadi Kapolri. Satgasus Merah Putih adalah jabatan non-struktural di kepolisian.

Satuan ini menjadi perbincangan publik karena terdapat spekulasi bahwa satuan tersebut adalah sarang mafia yang jadi “pembeking” tindak kejahatan kelas kakap.

Baca Juga: Skenario Duren Tiga Berdarah Hancur Lebur, Pelecehan Terhadap Istri Ferdy Sambo Tak Terbukti, Rocky Gerung: Sangat Mungkin Ibu Putri…

Mengenai pembubaran Satgasus merah putih ini, pengamat politik Rocky Gerung angkat suara. Lewat video di kanal YouTube miliknya (Rocky Gerung Official) yang juga bersama oleh Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Rocky memui sook Tito Karnavian dengan sebutan polisi cerdas karena membuat Satgasus.

“Tentu kita ingat dulu Pak Tito itu perwira yang pintar dan dia mau melampaui semua birokrasi yang ada di kepolisian karena dianggap yang tua ini kadang kali maksud awalnya bagus tapi kemudian susah diterobos kalau melalui jalur-jalur formal, karena itu Tito bikin satgas itu,” jelas Rocky melalui kanal Youtubenya dikutip Selasa (16/8/22).

Rocky juga menyebut dengan tindakan Tito “mendobrak” hirarki yang ada untuk menyelesaikan beberapa masalah terkait institusi Polri ini, ada beberapa pihak di internal Polri yang tidak suka sehingga timbul persaingan.

Pada akhirnya, dengan track record kasus-kasus yang ditangani, muncul anggapan-anggapan mengenai apa sebenarnya tugas dan fungsi Satgasus ini. Hal ini karena dianggap sudah tak lagi sebagaimana di awal pembentukan.

Baca Juga: Rocky Gerung Blak-blakan Terkait Cawapres Pilihan Anies Baswedan: Nggak Mungkin dari Nasdem

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Advertisement

Bagikan Artikel: