Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Memanfaatkan Platform Digital untuk Belajar

Memanfaatkan Platform Digital untuk Belajar Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 204,7 juta penduduk atau sekitar 73,7% dari total populasi penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet. Di antaranya merupakan Generasi milenial sebanyak 88,4%, generasi Z sebanyak 93,9%, dan Gen X sebanyak 62,2%.

"Di awal pandemi Covid-19 sangat terasa sekali masyarakat dipaksa untuk memakai teknologi. Salah satunya dengan belajar daring atau PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), di mana mulanya banyak orang tua kesulitan," kata Instruktur Edukasi4ID, Tanzela Azizi, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten, Kamis (11/8/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Baca Juga: Etika Digital Pedoman Netizen Tidak Kebablasan Berekspresi di Dunia Digital

Kini sudah banyak aplikasi dan platform digital yang digunakan dan akrab untuk pembelajaran, antara lain Rumah Belajar, Zenius Education, Zoom, Google Meet, Quipped School, hingga Quizizz. Selain itu, sebagian platform digital juga bisa menjadi media belajar seperti YouTube, di dalamnya ada banyak video edukasi yang bisa menambah pengetahuan. Bahkan, para guru sebenarnya juga bisa menggunakan YouTube untuk merekam bahan ajar, begitu juga dengan Facebook.

Tentunya untuk itu, pengguna harus mengetahui dulu dasar dari lanskap digital, yakni bagaimana terhubung dengan dunia digital melalui perangkat keras dan lunak, mesin pencarian informasi, dompet digital, lokapasar, dan transaksi, serta aplikasi media sosial dan percakapan. Pengguna juga tentunya harus bisa menggunakan mesin pencarian informasi seperti Google, serta memaksimalkan fitur-fitur di dalamnya.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok pendidikan di wilayah DKI/Jakarta Banten, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Instruktur Edukasi4ID, Tanzela Azizi; Relawan TIK dan Pandu Digital, Tuahta H. Pinem; serta Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun instagram @Siberkreasi dan @literasidigitalkomimfo.

Baca Juga: OJK Perluas Akses Keuangan Daerah Melalui TPAKD

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: