Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mudah Cuan Era Digital, Simak Kiat Sukses di Marketplace Ini!

Mudah Cuan Era Digital, Simak Kiat Sukses di Marketplace Ini! Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Marketplace di era digital diibaratkan sebuah pasar, di mana platform digital ini mempertemukan antara penjual dan pembeli. Marketplace bahkan sangat potensial dan memiliki nilai untuk menaikkan pendapatan sektor ekonomi digital Indonesia. 

Sumber dari katadata.id, Tokopedia menjadi marketplace dengan jumlah pengunjung terbanyak di tahun 2021. Data mengebutkan pengunjung Tokopedia per bulan mencapai 149,6 juta orang. Fakta tersebut tentu bisa menjadi gambaran betapa besarnya potensi pasar dari marketplace.

Baca Juga: Mengerikan! Jejak Digital Bisa Jadi Gerbang Pencurian Data Bahkan Identitas Diri

"Hal ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman pengusaha dan pedagang, dari 149 juta bagaimana kalau kita ambil 2 persennya saja sudah sangat luar biasa," kata Victor Wahanggara saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Senin (15/8/2022).

Lebih jauh dia mengatakan, marketplace berbeda dengan toko online, marketplace hanya menjadi sarana orang berjualan dan untuk jenis dan stok barang dikelola oleh penjual. Sementara marketplace hanya memfasilitasi saja menggunakan sistem yang ada, mulai dari promosi produk di halaman marketplace hingga transaksi antara penjual dan pembeli agar aman. 

Setiap orang yang ingin terjun ke marketplace harus punya kecakapan digital sebagai pondasi interaksinya. Beberapa digital skills yang perlu dikuasai, seperti mengetahui cara mengakses marketplace dan tentunya harus memiliki perangkat yang memadai. Kemudian penggunaan aplikasinya dan sistem operasi untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

Baca Juga: Ferdy Sambo Tak Punya Niat Buka Fakta Pembunuhan Brigadir J, Sepatutnya Dihukum Mati!

Supaya layanan marketplace maksimal, kuasai juga aplikasi percakapan dan media sosial sebagai tempat mempromosikan barang. Di mana menjadi cara agar produk lebih dikenal dan diingat calon pembeli. Tak hanya itu ada komponen lainnya yang menunjang orang berjualan di marketplace, misalnya mengenal aplikasi dompet digital, mengetahui cara transaksi di marketplace dan perlindungan agar segala transaksi digital aman. 

Baca Juga: Bank Jateng Perluas Layanan Perbankan Hingga Ke Universitas Indonesia

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: