Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Genjot Ekspansi Bisnis, Laba Bersih Mega Perintis Melonjak Drastis 184%

Genjot Ekspansi Bisnis, Laba Bersih Mega Perintis Melonjak Drastis 184% Kredit Foto: ZONE
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Mega Perintis Tbk (ZONE) meraih pertumbuhan kinerja signifikan dalam enam bulan pertama tahun 2022. Laba bersih perusahaan ritel fashion ini melonjak drastis 184% (yoy) dari Rp18,3 miliar pada semester pertama 2021 menjadi Rp52 miliar pada semester pertama 2022.

Direktur Utama ZONE, Verosito Gunawan, mengungkapkan bahwa capaian laba tersebut ditopang oleh penjualan ZONE yang terus tumbuh. Selama periode Januari-Juni 2022, penjualan bersih ZONE naik 33% dari Rp266,8 miliar menjadi Rp355,7 miliar. Ia menambahkan, pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 turut mendukung kinerja bisnis ZONE di bidang fashion.

Baca Juga: Omzet Belasan Triliun Rupiah, Perusahaan Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Cuan Kotos-Kotos: Laba Tumbuh 4X Lipat

"Hal ini didukung oleh mulai pulihnya ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, juga momen penting untuk industri fashion yaitu lebaran tahun ini, di mana masyarakat sudah dapat beraktivitas kembali termasuk mudik. Kami berharap agar situasi kondusif ini terus berlanjut," pungkas Verosito, Jumat, 19 Agustus 2022.

Peningkatan kinerja dalam enam bulan pertama tahun ini dibarengi dengan kenaikan aset sebesar 7% dari Rp562,7 miliar pada H121 menjadi Rp601,7 miliar pada H122.Total liabilitas ZONE hingga Juni 2022 tercatat sebesar Rp275,2 miliar. Guna melanjutkan pertumbuhan positif tersebut, ZONE akan menggenjot ekspansi bisnis untuk mendorong peningkatan penjualan, baik secara online maupun offline.

Tahun ini, ZONE menargetkan menambah 40 gerai baru untuk penjualan offline. Sampai dengan 31 Juli 2022, ZONE telah membuka 23 gerai baru dan sisanya 17 gerai akan direalisasikan sampai akhir tahun 2022. Salah satu konsep baru dari gerai penjualan adalah Salezone. Konsep ini memadukan gerai lifestyle & sport wear discounted store dengan target pasar di luar pusat perbelanjaan umumnya. Gerai ini dikembangkan di sejumlah lokasi, seperti tempat transit/rest area jalan tol dan toko yang berdiri sendiri.

Selain itu, ZONE juga sedang memprioritaskan peningkatan penjualan secara daring. Divisi khusus telah disiapkan utuk mendukung segmen penjualan online, baik melalui situs milik sendiri maupun melalui berbagai marketplace. Pada saat yang sama, ZONE menambah variasi produk setelah mengakuisisi merek EDWIN pada April 2022 lalu. ZONE melakukan pembelian Hak Kekayaan Intelektual EDWIN dan persediaan barang dagang dari PT Saptakharisma Cemerlang yang bukan termasuk afiliasi. 

"Dengan sejumlah langkah bisnis yang kami lakukan, kami yakin dapat mencapai target penjualan pada tahun 2022 ini, naik 20% dibandingkan dengan realisasi 2021. Ke depannya, dengan prospek bisnis yang semakin cerah, kami akan terus melakukan langkah strategis, tidak hanya dengan penambahan gerai tapi juga adaptasi terutama dalam pengembangan digitalisasi sehingga ZONE dapat mempersiapkan diri menjadi omni channel retai," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: