Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Bahas Cyber Security Bareng Malaysia, Ini Rinciannya!

Indonesia Bahas Cyber Security Bareng Malaysia, Ini Rinciannya! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia YB Tan Sri Datuk Seri Panglima TPr Annuar Haji Musa di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat(19/8/2022). Dalam pertemuan itu, Menteri Johnny dan Menteri Annuar Haji Musa membahas peluang kerja sama bidang pers dan teknologi digital antara kedua negara, khususnya terkait Cyber Security.

Johnny mengatakan pihaknya menekankan kerja sama terkait infrastruktur digital dari hulu ke hilir dan tata kelolalnya agar menjaga ruang digital di Indonesia, Malaysia agar bersih.

Baca Juga: Ruang Kolaborasi Anak Bangsa Persembahkan Webinar dan Lomba Vlog: Kolaborasi Antara Kominfo x WE Group

"Kami sama-sama mempunyai pemahaman yang sama yang berkaitan dengan menjaga ruang digital, baik ruang digital Indonesia, ruang digital Malaysia, ruang digital ASEAN agar itu selalu bersih dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, masyarakat Malaysia, masyarakat Indonesia serta masyarakat ASEAN," ungkap Menkominfo saat menerima kunjungan Menteri Annuar Haji Musa di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat(19/8/2022).

Untuk itu menteri Johnny menegaskan komitmen menjaga ruang digital dengan bekerja sama menyelesaikan masalah Cyber Security.

"Disana ada banyak tantangan-tantangan yang perlu kita selesaikan bersama mulai dari pilihan-pilihan teknologi yang cepat ya yang perlu kita adopsi dalam negeri mulai dari pilihan-pilihan teknologi satelit, teknologi telekomunikasi sampai kepada yang berhubungan dengan cyber security menjaga ruang digital agar tetap bersih," kata Johnny.

Menteri Annuar Haji Musa menghargai pertemuannya dengan Menteri Johnny untuk meningkatkan kerja sama antar kedua negara.

"Saya sangat menghargai sekali berada pada hari ini kami berdua dapat mengadakan pertemuan kali ketiga dalam masa kurang dari pada enam bulan suatu perkara yang sangat membanggakan dan menandakan hubungan yang erat antara Malaysia dan Indonesia," ujar Menteri Annuar.

Menurut Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, kedua negara sepakat untuk bekerja sama dalam bidang informasi atau pers serta teknologi digital.

"Kami dapat bersama-sama berbagi pengalaman yang sangat berguna dan banyak perkara-perkara yang mudah saja ada kebersamaan tetapi juga mempunyai hal yang dituju sama.  Justru pertemuan yang seperti ini akan disusun di peringkat pegawai-pegawai tertinggi antar kedua atensi dan kedua-kedua negara. Dan kerja samanya sepertinya ada terus berkelanjutan termasuk di forum-forum antar bangsa. 

Menteri Annuar Haji Musa mengatakan pertemuannya dengan Menteri Johnny memberikan pengalaman dalam mengatasi masalah penyediaan infrastruktur digital hingga cyber security.

Baca Juga: Telkom Dorong Digitalisasi Kelas Dunia di Kawasan IKN

"Bagaimana masing-masing negara menangani masalah penyediaan infrastruktur dan komunikasi dan penggunaan teknologi terkini tetapi juga berurusan cyber space secara keseluruhannya terutama terkait dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan masalah cyber security," tutupnya.

Baca Juga: Kenyataan Pahit di Era Jokowi RI Masuk 100 Negara Termiskin di Dunia

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: