Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

17 Juta Data Pelanggan PLN Diduga Bocor, Kominfo Langsung Turun Tangan!

17 Juta Data Pelanggan PLN Diduga Bocor, Kominfo Langsung Turun Tangan! Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Juru bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan pihaknya masih menelusuri dan mendalami lebih lanjut dugaan kebocoran data pengguna Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Setelah mendapatkan berita itu, kami langsung melakukan pengecekan. Jadi, saat ini Kominfo sedang mendalami terkait dugaan kebocoran data itu, dan nanti kami akan sampaikan jika sudah ada hasil atau temuan sementara dari dugaan kebocoran data itu," kata Dedy saat ditemui pewarta di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Ruang Kolaborasi Anak Bangsa Persembahkan Webinar dan Lomba Vlog: Kolaborasi Antara Kominfo x WE Group

Lebih lanjut, ia juga mengatakan Kementerian Kominfo juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti PLN hingga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

"Tentu kami akan melakukan komunikasi, karena ini kasus dugaan kebocoran data pribadi, kita akan koordinasi dengan BSSN dan PLN, dan kita upayakan hari ini berkomunikasi dengan mereka," jelas Dedy.

Sebelumnya beredar data pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) diduga bocor di forum hacker. Informasi penjualan data yang bocor itu diunggah akun bernama @loliyta di Twitter.

"Hi, Im selling data PLN17 MILLION++ with fieldID,Idpel,Name,Consumer Name,Energy Type,Kwh,Address,Meter No,Unit Upi,Meter Type,Nama Unit Upi,Unit Ap,Nama Unit Ap,Unit Up,Nama Unit Up,Last Update,Created At," tulisnya dalam forum tersebut.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Nyatakan Kemauan Calonkan Sandiaga Uno, Prabowo Langsung Bilang Begini

Beberapa data pelanggan PLN yang diklaim dijual di antaranya ID lapangan, ID pelanggan, nama pelanggan, tipe energi, KWH, alamat rumah, nomor meteran, tipe meteran, hingga nama unit UPI.

Baca Juga: Waduh! Usai Surya Paloh Capreskan Anies Baswedan, Denny Siregar Blak-blakan: Cuma Jadi Korban, Ini Strategi untuk Muluskan...

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: