Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Luncurkan Uang Rupiah Baru Be Like: Makin Besar Nominal, Makin Lebar Senyumnya!

BI Luncurkan Uang Rupiah Baru Be Like: Makin Besar Nominal, Makin Lebar Senyumnya! Kredit Foto: Bank Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah baru tepat pada momen HUT ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus 2022. Uang rupiah baru tersebut diluncurkan dengan nominal Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengungkapkan bahwa peluncuran uang rupiah baru tahun emisi 2022 itu dimaksudkan sebagai inovasi yang membuat rupiah makin mudah dikenali ciri keasliannya serta nyaman dan aman untuk digunakan masyarakat. Uang rupiah baru tersebut juga diklaim lebih sulit dipalsukan sehingga kualitasnya makin membaik.

Baca Juga: Hadiah Kemerdekaan! Begini Tampilan 7 Mata Uang Rupiah Kertas yang Baru Dirilis Bank Indonesia!

"Inovasi dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya pada 18 Agustus 2022.

Tampilan uang rupiah baru pun disambut antusias oleh masyarakat, tak terkecuali warganet. Menariknya, tak sedikit warganet memberi komentar menggelitik perihal gambar pahlawan yang digunakan dalam cetakan uang rupiah kertas itu. Seorang warganet @felixius*** mengatakan bahwa, gambar pada uang pecahan Rp100.000 tetap menjadi yang tersenyum paling lebar, sedangkan lainnya tidak.

"Tetap yg senyum uang pecahan 100rb, yg laen gada yg senyum," tulisnya dalam kolom komentar Instagram Warta Ekonomi, dilihat pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Sepakat dengan itu, warganet @rizkysahad*** menilai bahwa karakter yang digunakan untuk cetakan tersebut masih sama, di mana makin besaar nominal, makin lebar pula senyumnya, "Karakternya sama dengan uang2 sebelumnya, semakin besar nominal semakin senyum, cmiiw."

Ada pula warganet yang berkelar bahwa uang pecahan lainnya tak bisa tersenyum lebar karena masih berjuang. Hal itu disampaikan oleh pemilik akun @nana_ninu***, "50rb-1rb masih berjuang makanya belum full senyum."

Baca Juga: Akhirnya Putri Candrawathi Resmi Ditahan: Angkat 2 Jempol Buat Bapak Kapolri!

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: