Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Persiapkan Generasi Milenial dan Gen Z dengan Literasi Digital

Persiapkan Generasi Milenial dan Gen Z dengan Literasi Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil Sensus Penduduk 2020 mengungkap populasi milenial Indonesia mendominasi jumlah penduduk yakni sebesar 25,81%. Sementara populasi gen Z juga meliputi seperempat penduduk yakni 27%. Generasi milenial merupakan orang yang lahir di tahun 1981-1996, sementara gen Z lahir tahun 1997-2012. 

"Investasi digital, saya pikir melalui generasi milenial kita dan gen Z bagaimana kita mempersiapkannya dengan literasi digital," kata Dosen dan Praktisi, M Adhi Prasnowo saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Selasa (16/8/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Baca Juga: Beda Latar Belakang Budaya, Warga Digital Harus Bernetiket

Dengan survei Microsoft mengenai Digital Civility Index yang mengungkap bahwa netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara, maka menjadi tantangan untuk memperbaikinya. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Sebanyak 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Mengenal karakteristik generasi milenial dan Gen Z yang sudah akrab dengan teknologi maka masih diperlukan etika dan budaya bermedia digital. Sebab pada dasarnya cakap digital bukan sekadar pada penguasaan teknologi saja. Namun generasi milenial dan gen Z harus bisa menerapkan aspek empat pilar utama literasi untuk menghadapi tantangan ke depan.

Baca Juga: Digitalisasi Budaya Jadi Peluang Wujudkan Kreativitas

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Anggota Tular Nalar Guru Lansia dan Koordinator Wilayah Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Astin Meiningsi, Dosen dan Praktisi, M Adhi Prasnowo serta Digital Marketer Enthusiast, Victor Wahanggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Akhirnya Putri Candrawathi Resmi Ditahan: Angkat 2 Jempol Buat Bapak Kapolri!

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: