Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manfaat Biodiesel Dikenalkan kepada Peserta Pramuka Jambore Nasional

Manfaat Biodiesel Dikenalkan kepada Peserta Pramuka Jambore Nasional Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) yang didukung Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mengadakan sosialisasi Biodiesel Bahan Bakar Ramah Lingkungan dalam Jambore Nasional (Jamnas) XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Sosialisasi ini diselenggarakan pada 15-19 Agustus 2022 yang diikuti pramuka penggalang utusan Kwartir Cabang (kabupaten/kota) di Indonesia dan Gudep yang berpangkalan di KBRI, serta utusan organisasi pramuka di kawasan Asia Pasifik.

"Pengenalan penggunaan biodiesel kepada Pramuka sudah dilakukan semenjak 2016. Tidak hanya dilakukan di acara Jamnas melainkan dalam kegiatan Pramuka lainnya seperti kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional tahun lalu di Jambi," ujar Ketua Harian APROBI, Paulus Tjakrawan, dilansir dari laman resmi BPDPKS pada Senin (22/8/2022). 

Baca Juga: Biodiesel Merupakan Program Pengembangan Bioenergi Paling Maju di Indonesia

Lebih lanjut dijelaskan Paulus, Pramuka memiliki peranan penting dalam kegiatan distribusi informasi biodiesel sebagai wadah untuk mengetahui sumber bahan baku biodiesel dan manfaatnya kepada masyarakat. Distribusi informasi kepada anak-anak Pramuka di jenjang Penggalang diharapkan mampu meng-counter isu negatif sawit termasuk yang berkaitan dengan biodiesel.

"Setelah pulang ke daerahnya masing-masing, mereka akan bercerita manfaat biodiesel ini kepada rekan-rekannya. Ini tujuan utama dari kegiatan APROBI ini," jelas Paulus yang juga menjabat Kepala Puslitbang Kwarnas Pramuka.

Baca Juga: Indonesia Jadi Pioner Pemanfaatan Biodiesel, Menteri ESDM: Bisa Jaga Kestabilan Komoditas Sawit

Jambore Nasional yang diadakan tiap lima tahun sekali kali ini diikuti oleh 8.042 Pramuka Penggalang; 1.013 Pembina Pendamping; dan 242 Pimpinan Kontingen Daerah yang berasal dari 34 Kwarda dan 528 utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Satuan Komunitas Pramuka.

Tema Jamnas ke-11 ini ialah "Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi" yang berisikan berbagai kegiatan, baik kegiatan untuk meningkatkan keterampilan fisik maupun kegiatan untuk menambah wawasan dan pemahaman mental dan rohani.

Baca Juga: BRI Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Manado

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: