Membangun sebuah bisnis tak hanya sekadar berjualan. Bisnis yang berkelanjutan sangat diperlukan memiliki value atau nilai-nilai yang berharga.
Dalam video YouTube bertajuk "VALUE CREATION FOR PROFITABLE BUSINESS" bersama Baskorohadi Sukatmo, dikatakan bahwa value creation berguna untuk mengoptimalkan value dari bisnis yang dimiliki guna membuat Strong Belief System atau sistem kepercayaan terhadap produk yang kita jual kepada customer.
Baca Juga: Apa Itu Value Creation?
Adapun keuntungan dari value creation sendiri adalah yang pertama melakukan redefinisi kategori baru. Yang kedua adalah bisnis yang unik dan relevan. Lalu yang ketiga adalah menetapkan range harga yang optimal, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Karena akan percuma ketika perusahaan memberikan harga murah tetapi customer tidak tahu value produknya. Kemudian yang terakhir adalah menjaga keberlangsungan dan pertumbuhan profit bisnis.
Selain keuntungan yang sudah disebutkan, ternyata masih ada keuntungan yang lebih besar lagi yaitu:
- Menjadi panduan dalam membuat ide produk baru dan menumbuhkan aktivitas pemasaran
- Menjadi fondasi strategi pertumbuhan bisnis
- Menjadi basis kolaborasi dengan penelitian dan pengembangan
- Menjadi panduan dalam merger dan akuisisi
- Menjadi poin penjualan dalam fund-raising
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: