Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luncurkan Buku Knock Out! 2, Fauzan Fadel Muhammad Beber Tiga Hal yang Harus Dimiliki Anak Muda

Luncurkan Buku Knock Out! 2, Fauzan Fadel Muhammad Beber Tiga Hal yang Harus Dimiliki Anak Muda Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengusaha muda sekaligus politikus Partai Golkar DKI Jakarta, Fauzan Fadel Muhammad menyebut terdapat tiga hal yang harus dimiliki oleh para pemuda yang ingin berwirausaha dan mendorong perekonomian Indonesia.

"Saat ini di usia 29 tahun saya melihat potensi dan pentingnya kita sebagai wirausaha, kita harus memiliki tiga hal," ujar Fauzan dalam peluncuran buku Knock Out! 2, Selasa (23/8/2022).

Adapun tiga hal tersebut adalah memiliki kapasitas secara akademik, memiliki kapasitas secara ekonomi, dan memiliki kapasitas secara sosial.

Baca Juga: Buka Peluncuran Buku Knock Out! 2, Fadel Muhammad: Suatu Kajian yang Menarik

Di mana ketiga hal tersebut ditempuh dengan menempuh pendidikan, mencari kapasitas ekonomi  mulai dengan karier profesional, dan membangun kapasitas sosial dengan mengikuti berbagai macam organisasi dan kegiatan sosial.

"Sebagai wirausaha kita harus punya pondasi secara akademik, yang kedua pondasi ekonomi dari karier saya yang saya mulai dari magang sebagai buruh dan menjadi profesional di multinasional company dan saya mendirikan usaha sendiri di beberapa usaha seperti logistik, media, dan lain-lain," ujarnya.

Kemudian di bidang sosial, organisasi dan sosial, Fauzan aktif di lima organisasi dan komunitas.

Lanjutnya, Fauzan menyebut alasan pemuda perlu belajar berwirausaha. Menurutnya, wirausaha bisa mengubah perilaku umum yang dimiliki seseorang dan bagaimana melakukan hal tersebut menjadi lebih kreatif dan efisien.

"Dan selalu saya bilang kenapa kita harus jadi wirausaha dan kenapa di Indonesia perlu banyak wirausaha karena ini adalah mental yang bisa memberikan banyak solusi untuk Indonesia. Di mana wirausaha merupakan eskalator ekonomi bagi para calon sarjana ataupun bagi para profesional untuk memberikan solusi alternatif lapangan kerja," ungkapnya.

Dalam buku Knock Out! 2, Fauzan juga menyampaikan bahwa penting sekali bagi anak muda memiliki tiga pondasi  utama dan tiga kemampuan utama.

"Yaitu kapasitas, bisa melihat peluang atau oportunis jadi yang namanya wirausaha harus oportunis dan yang ketiga kita harus pandai melakukan strategi," tutupnya.

Baca Juga: Jokowi Berpotensi Bikin Nasdem dan Anies Baswedan Babak Belur Akibat Siasat Partai Surya Paloh, Pengamat: Udah Kasih Sinyal

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: